Connect with us

Berita Terbaru

41 Warga Lebak Positif HIV/AIDS; Tertular Karena Gonta-ganti Pasangan di Luar Daerah

Published

on

Ilustrasi. Penderita HIV/AIDS. (pojoksatu.id)

Lebak- Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak mencatat terdapat 41 warga Kabupaten Lebak positif HIV/AIDS. Jumlah tersebut hasil akumulatif periode Januari sampai Mei 2020.

Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) pada Dinkes Lebak Firman Rahmatullah mengatakan mereka yang dinyatakan positif HIV/AIDS kebanyakan karena kerap gonta-ganti pasangan.

“Sebagian besar yang dinyatakan ODHA ini tertularnya di luar Lebak. Kasusnya akibat sering ganti-ganti pasangan, atau karena hal lain yang beresiko tertular,”kata Firman, Rabu, 13 Mei 2020.

Menurutnya, dari 41 warga Lebak yang positif HIV/AIDS, lima diantaranya meninggal dunia. Mereka yang tertular, lanjut Firman karena tak mau mengindahkan imbauan pemerintah tentang pencegahan AIDS.

BACA :  Kabupaten Tangerang jadi Satu-satunya Wilayah Punya Tiga RSUD di Banten

“Kami harap perilaku yang berisiko terhadap penularan HIV/AIDS harus dicegah, agar ke depan tidak ada lagi yang positif HIV atau AIDS,”tuturnya.

Kepala Dinkes Lebak Triatno Supiono mengatakan, kasus HIV/AIDS merupakan salah satu penyebab yang bisa mematikan bagi nyawa manusia. Buktinya dari puluhan penderitanya, sudah lima orang di antaranya yang meninggal ditahun ini.

“Kami harap, jangan sampai menganggap sepele kasus ODHA. Untuk itu agar tidak tertular, hindari perilaku-perilaku yang beresiko,” harap Triatno.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler