Connect with us

Berita Terbaru

Heboh Penumpukan Antrean Penumpang di Bandara Soetta Tangerang, Maskapai Ini Pamer Physical Distancing dalam Pesawat

Published

on

Penumpang pesawat Lion Air terlihat menerapkan jarak atau physical distancing. (Dok. Lion Air)

Tangerang – Penumpukan antrean penumpang di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Soetta Tangerang membuat heboh khalayak, Kamis pagi, 14 Mei 2020.

Penumpukan penumpang menjadi tak lazim karena terjadi saat pandemi Covid-19, sehingga dinilai mengabaikan aturan physical distancing. Pemerintah juga telah mengeluarkan larangan mudik.

Sehari setelah kehebohan tersebut, Jumat, 15 Mei 2020, Lion Air Grup menyampaikan keterangan tertulis soal penanganan calon penumpang yang diberangkatkan dari Bandara Soetta Tangerang.

Lion Air juga melampirkan foto penampakan penumpang di dalam pesawat yang menerapkan physical distancing, juga foto pemeriksaan dokumen calon penumpang oleh petugas.

BACA :  Hadiri Harlah Al Khairiyah, Jokowi Janji Angkat KH Syam'un Jadi Pahlawan Nasional

“Lion Air Group menginformasikan bahwa proses penanganan bagi calon penumpang yang akan diterbangkan (diberangkatkan) dari seluruh bandar udara, khususnya dari Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) telah berjalan dengan baik menurut standar operasional yang ditetapkan pada masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

Menurut Danang, Lion Air Group dalam beberapa hari sebelumnya sampai waktu yang belum ditentukan telah menugaskan 15 personel staf atau petugas layanan darat (ground handling) untuk mengatur antrean calon penumpang, mengatur jarak antarcalon penumpang dan mengingatkan agar setiap calon penumpang mempersiapkan dokumen-dokumen perjalanan yang dibutuhkan sesuai ketentuan sebelum masuk pintu pemeriksaan pertama (security check point) di terminal keberangkatan bandar udara.

BACA :  Polsek Puloampel Cilegon¬†Bantu Pembangunan Yayasan ABI Yatim

“Dengan demikian antrean menjadi lebih baik sehingga penerbangan dapat berjalan sebagaimana yang direncanakan serta keberangkatan menjadi tepat waktu,” jelasnya.

“Pelaksanaan penerbangan berjalan baik karena para pihak atau stakeholder telah bekerjasama dan melaksanakan fungsi masing-masing dengan baik. Hal ini diharapkan akan semakin membaik pada masa mendatang (berikutnya),” sambungnya.

Pemeriksaan dokumen calon penumpang Lion Air oleh petugas. (Dok. Lion Air)

Danang menegaskan, Lion Air Group akan terus meningkatkan kemampuan staf dan petugas ground handling dalam melakukan penanganan menurut standar operasional prosedur, terutama kemampuan dalam mencermati pengecekan dokumen-dokumen perjalanan sebagaimana berlaku pada masa pandemi Covid-19 ini.

“Lion Air Group optimis, dengan sinergitas bersama pihak lainnya, maka operasional selama masa pandemi Covid-19 bisa berjalan tepat, dengan harapan pelaksanaan penerbangan tetap mengutamakan unsur-unsur keselamatan, keamanan dan tidak menyebabkan penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

BACA :  Kabar Baik! Satu Pasien Positif Corona di Kabupaten Serang Sembuh; Pria Berusia 75 Tahun

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler