Rapid Test Massal di Lebak Selatan Deteksi Tiga Warga Reaktif Covid

Date:

FOTO ILUSTRASI. Pengguna KRL di Stasiun Rangkasbitung saat dilakukan Rapid Test massal. (Istimewa)

Lebak- Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak melakukan Rapid Test massal di wilayah Lebak Selatan. Sasarannya masyarakat yang berada di tempat keramaian seperti pasar dan fasilitas umum lainnya.

Rapid dilakukan setelah Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak merilis adanya dua warga terkonfirmasi positif Corona. Masing-masing jamaah tablig di Pandeglang dan Ketua RT di Kecamatan Cihara.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lebak Firman Rahmatullah, mengatakan rapid test dilakukan di 9 titik yang seluruhnya di wilayah Lebak Selatan. Delapan titik di pasar dan 1 titik dil lingkungan tempat tinggal pasien pertama positif Corona, di Kecamatan Cihara.

Untuk ke delapan titik, Kata Firman dilakukan menyebar di beberapa Kecamatan seperti Kecamatan Cigemblong, Cijaku, Malingping hingga ke wilayah Kecamatan Cilograng.

“Sebagai antisipasi dan kewaspadaan terhadap adanya peningkatan pelaku perjalanan dan kegiatan di area pasar serta antisipasi transmisi lokal dari kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” terang Firman kepada awak media, Senin, 1 Juni 2020.

Firman menjelaskan, rapid test yang menyasar 2.250 orang tersebut dimulai sejak Jum’at 29 Mei 2020 dan selesai pada Minggu 31 Mei 2020 dengan masing-masing titik menyasar 250 orang.

“Hasilnya ada 3 orang yang dinyatakan reaktif,” kata Firman.

Firman menegaskan reaktif Rapid test belum bisa dikatakan positif Corona. Mereka yang reaktif perlu dilakukan swab test untuk memastikan virus yang ada dalam tubuh.

“Kalau reaktif Rapid Test ini juga kami hanya sarankan untuk isolasi mandiri saja. Yang reaktif belum tentu juga positif. Jadi masyarakat tetap tenang tapi waspada,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...