Connect with us

Berita Terbaru

Gak Ribet, Warga yang Butuh SIKM di Kabupaten Tangerang Cukup ‘Klik’ Aja

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menerapkan aturan baru selama PSBB tahap tiga. Warga di luar Jabodetabek dan Banten yang masuk ke Kabupaten Tangerang harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk atau SIKM. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar telah menerbitkan aturan baru selama masa perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap tiga.

Pelaku usaha atau warga yang berdomisili di luar Jabodetabek dan Banten yang ingin masuk wilayah Kabupaten Tangerang, harus mengantongi Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Aturan mengenai SIKM tercantum dalam Peraturan Bupati Tangerang Nomor 34 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas peraturan Bupati Tangerang Nomor 31 Tahun 2020 tentang pedoman pembatasan sosial berskala besar dalam percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (covid-19) di Wilayah Kabupaten Tangerang.

BACA :  Pemuda dan Mahasiswa Lapor KPK, Beberkan Peran Gubernur dan Sekda dalam Dugaan Korupsi Dana Hibah Ponpes di Banten

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan bahwa aturan ini ditujukan bagi pelaku usaha atau warga yang berdomisili diluar Jabodetabek dan Banten. Apabila tidak bisa menunjukkan SIKM, maka tidak diperkenankan memasuki wilayah kabupaten Tangerang.

Lalu bagaiamana caranya supaya warga di luar Jabodetabek dan Banten bisa memperoleh SIKM secara mudah dan cepat?

Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Tangerang sudah menyiapkan aplikasi untuk memudahkan masyarakat yang ingin membuat SIKM.

“Kami sudah siapkan aplikasi untuk pendaftaran SIKM yang ingin masuk wilayah Kabupaten Tangerang selama PSBB lanjutan ketiga,” kata Nono Sudarno seperti dilansir dalam keterangan tertulis Humas Pemkab Tangerang.

Menurut Nono, masyarakat di luar Jabodetabek dan Banten yang ingin memperoleh SIKM, baik perorangan atau pelaku usaha cukup klik website covid19.tangerangkab.go.id dan ppid.tangerangkab.go.id. 

BACA :  Predator Anak di Pandeglang Jadikan Warung Kosong Tempat 'Eksekusi' Empat Korbannya

Kedua website tersebut, kata Nono, terintegrasi dengan aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Perizinan Terpadu (SIPINTER) yang dimiliki DPMPTSP Kabupaten Tangerang.

“Masyarakat dapat langsung mengunjungi website covid19.tangerangkab.go.id dan ppid.tangerangkab.go.id. Setelah masuk, pilih menu Surat Izin Masuk, setelah itu akan terkoneksi dengan aplikasi SIPINTER untuk pendaftaran dan mengisi formulir,” ucapnya.

Begini urutan panduan membuat surat izin masuk:

1. Akses http://covid19.tangerangkab.go.id/surat-izin-masuk,

2. Download formulir dan persiapkan persyaratan,

3. Ajukan surat izin masuk wilayah Kabupaten Tangerang dengan menekan tombol surat izin masuk,

4. Isi formulir permohonan,

5. Cek secara berkala pengajuan perizinan dan download lalu cetak dokumen.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler