Connect with us

Berita Terbaru

Rp58 Miliar APBD Lebak Digeser untuk BST Covid-19; Gelombang Pertama Mulai Dicairkan

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Warga Kota Serang saat mencairkan bansos tunai atau BST untuk warga terdampak Covid-19 dari Kementerian Sosial. (BantenHits.com/Mahyadi)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak menyiapkan anggaran Rp58,9 miliar untuk Bantuan Sosial Tunai (BST) Covid-19. Dana fantastis itu diperuntukan bagi 32.77 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BST Covid-19 dari APBD Lebak akan disalurkan secara merata selama tiga bulan. Masing-masing KPM akan mendapatkan bantuan sebesar Rp600 ribu sama dengan dari pemerintah pusat.

Gelombang pertama mulai disalurkan Pemkab Lebak. Anggaran yang terpakai mencapai Rp19 miliar. Proses pencairan dibuka secara langsung oleh Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, Sabtu, 6 Juni 2020 di Kantor Pos Rangkasbitung.

“Gelombang pertama ini sekitar Rp19 miliar dari 32 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) terdampak Covid- 19,”kata Iti kepada awak media.

BACA :  Akuntabilitas Kinerja Pandeglang Buruk, Pemkab Akui Kurang Koordinasi

Iti tak menampik pencairan BST covid-19 dari APBD Lebak terhitung lambat. Hal itu dipicu teknis penganggaran BST hasil Refocusing. Tak hanya itu, APBD II Kabupaten Lebak masih tergantung dana alokasi umum (DAU) pusat dan bagi hasil dari Pemprov Banten.

Sementara Kepala Dinas Sosial Lebak Eka Darmana Putra mengatakan anggaran yang disiapkan Pemkab Lebak akan mengcover 32.770 KPM. Di mana, kata Eka, mereka merupakan warga yang tidak terdaftar dalam BST yang dicover oleh pemerintah pusat.

“Sebagai informasi, masyarakat yang mendapatkan bantuan dari APBN, APBD, dan dana desa tidak akan tumpang tindih, jadi masyarakat tidak bisa mendapat bantuan double, hanya satu bantuan di antara 3 anggaran tadi agar semua rata, semua kebagian,” tandasnya.

BACA :  Praktik Pesugihan di Cilacap Jawa Tengah dengan Tumbal Nyawa Manusia Diungkap Polres Lebak

“Untuk tahap pertama ini, kita target tiga sampai empat hari sudah selesai,”tambahnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler