Waduh! Warga Mulai Resah Air PDAM Pandeglang Tak Mengalir Berhari-hari

Date:

Ilustrasi air tak mengalir. (FOTO IMCNews)

Pandeglang- Warga Kelurahan Kabayan, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang mengeluhkan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pandeglang.

Mereka mulai resah karena air kerap kali tak mengalir berhari-hari. Sedangkan masyarakat diharuskan membayar setiap bulannya.

Ironinya, ketika warga menunggak pihak PDAM juga kerap kali melakukan pemutusan meteran.

Masyarakat menduga penyebab air tak mengalit karena Pipa air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Pandeglang dari sumber mata air Cikoromoy, kerap mengalami kebocoroan.

“Air bersih yang dialirkan melalui PDAM sudah menjadi kebutuhan setiap hari oleh masyarakat, tetapi di Kecamatan Pandeglang kadang berhari-hari tidak mengalir. Ini sangat meresahkan bagi pelanggan,” kata Rosidarta, Selasa, 9 Juni 2020.

Sementara Kepala Cabang PDAM Pandeglang, Muksinin mengaku belum mampu mengganti jaringan pipa yang saat ini kerap mengalami kebocoran. Karena saat ini, PDAM belum memiliki anggaran pergantian pipa.

“Tapi sebenarnya kita juga sudah mulai. Jadi begitu ada yang bocor kita langsung pasang pipa besi tiga atau dua batang secara bertahap. Kalau dadakan tidak bisa,” jelasnya.

Menurut Muksinin, umur jaringan pipa yang mengaliri 5.000 pelanggan dari lima kecamatan seperti, Kecmatan Pandeglang, Cimanuk, Majasari, Kaduhejo dan Banjar itu sudah mencapai 20 tahun. Ia menilai pipa itu sudah tua hingga mudah pecah apabila terkena tekanan batu.

“Penyebab terjadinya kebocoran dijalur pipa transmisi dari yang bersumber dari mata air cikoromoy itu pipa nya pecah. Yang di akibatkan oleh tekanan batu karena memang daerah tanahnya berbatu,” ungkapnya.

Untuk mengatasi kebocoran itu, saat ini PDAM menyediakan tanki air secara gratis untuk pelanggan yang memang hanya mengandalkan air dari PDAM.

“Bagi yang tidak mempunyai cadangan air yang memang khusus dari PDAM kebutuhan airnya. Bisa menghubungi pengelola Tanki kita nanti dikirim secara gratis,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...