Connect with us

Berita Terbaru

Kementerian Pertanian Minta Petani di Pandeglang Terdampak Covid-19 Didata, Tapi Bantuan sampai Sekarang Tak Jelas Bentuknya

Published

on

Petani di Pandeglang saat melihat tanaman padi yang diserang hama wereng. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Bantuan untuk para petani di Pandeglang, sejauh ini belum menemui kejelasan. Padahal, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang sudah melakukan pendataan terhadap petani yang terdampak virus Corona atau Covid-19.

“Kemarin kan diminta data yah (oleh Kementrian Pertanian) buruh tani dan petani penggarap. Tapi selanjutnya dalam bentuk apa (bantuannya) belum ada kabar lagi,” kata Kepala Distan Pandeglang, Budi Januardi, Selasa, 9 Juni 2020.

Menurut Budi, meski belum ada kejelasan dari Kementerian Pertanian kaitan dengan bantuan petani, namun sebagian petani di Pandeglang sudah terdaftar sebagai penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA :  Jokowi Didesak Kembalikan Indonesia ke UUD 45

“Tapi sebagian penerima BST dari Kemensos ada petani juga. Itu juga kan untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Nah sebagian yang berpenghasilan sebagai petani juga,” ujarnya.

Budi mengaku, hingga saat ini belum mengetahui bentuk bantuan untuk para petani dari Kementerian Pertanian seperti apa. Dirinya berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban petani.

“Nah itu saya belum dapat kepastian bentuk bantuan seperti apa. Kami hanya memenuhi permintaan data yang diminta, harapannya sih agar bantuan ini bisa mendukung dan mendorong supaya para petani bisa tetap berproduksi,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler