Connect with us

Berita Terbaru

Oleh-oleh Pemudik Picu Lonjakan Jumlah Positif Covid-19 di Kabupaten Lebak

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Calon penumpang KRL Stasiun Rangkasbitung berdesakan dan merangsek masuk ke area stasiun. (FOTO Tangkap Layar video)

Lebak- Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Lebak menembus 10 orang. Jumlah tersebut melonjak seketika dari semulanya hanya 6 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triatno Supiono mengatakan Selasa, 9 Juni 2020 hasil swab test terhadap 6 warga Kabupaten Lebak menyatakan positif terpapar Covid-19. Mereka tersebar di 7 kecamatan seperti Warunggunung, Malingping, Cikulur, Cimarga, Cirinten, Cihara dan Maja.

Menurutnya, penambahan kasus positif Covid-19 ini hasil dari banyaknya pemudik yang keluar-masuk Kabupaten Lebak.

“Ini oleh oleh dari pemudik, karena kalau orang Lebak sendiri yang gak pernah kemana-mana Insya Allah gak bakal terpapar. Ini sebagian (tertular) dari pemudik, sebagian ada yang tertular dari suaminya yang bolak balik Jakarta, sebagian ada orang tua yang dikunjungi anakanya dari luar kota,” kata Triatno dihubungi melalui telepon selulernya, Selasa, 9 Juni 2020.

BACA :  Kuasa Hukum Alfamart Nilai Hakim PN Tangerang Bingung Tentukan Putusan

“Ini fenomena pasca mudik. Coba kalau dulu pemudik dihindari, Insya Allah Lebak masih hijau,” imbuhnya.

Dengan kondisi ini, Triatno mengimbau kepada masyarakat agar lebih mentaati protokol kesehatan yang sudah dianjurkan oleh pemerintah, seperti menggunakan masker saat keluar rumah, jaga jarak dan sering cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

“Kalau perilaku masyarakat tidak berubah, tidak mentaati protokol kesehatan, masih suka konkow, masih terima tamu dari luar kota, masih terima anaknya mudik atau pulang dari luar kota, maka akan sulit untuk memutus penyebaran Covid-19 ini,”tukasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler