Connect with us

Berita Terbaru

Jalur Kekinian Penyelundupan Ganja dari Sumatera; Masuk lewat Cilegon via Bus Damri Lalu Dijemput di Stasiun Gambir Jakarta

Published

on

BNNK Cilegon mengungkap sindikat peredaran ganja dari Sumatera menggunakan Bus Damri tujuan Stasiun Gambir, Jakarta. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Tiga anggota jaringan peredaran ganja diringkus petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Cilegon, Senin, 8 Juni 2020. Mereka masing-masing berinisial RJ (32) , RH (19), dan YI (32).

Dari tangan ketiga anggota jaringan peredaran ganja ini, petugas menyita 15 kilogram ganja kering siap edar asal Sumatera.

Pengungkapan ini berhasil mengurai alur penyelundupan ganja dari Sumatera dengan melibatkan warga di dua provinsi yang berbeda.

Diketahui RJ merupakan warga Jakarta Barat, sementara tersangka RH dan RI merupakan warga Bogor, Jawa Barat.

Saat menggelar jumpa pers kepada awak media Kepala BNNK Cilegon, AKBP Asep Muksin Jaelani mengungkapkan, pengungkapan kasus narkotika jenis daun ganja itu berawal dari pihaknya mendapatkan dari masyarakat.

BACA :  Banyak Warga Terdampak Tsunami di Pandeglang Enggan Direlokasi,  Bappeda Minta Camat Data Ulang

Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti bersama Tim Pemberantasan BNNP Banten pada Jumat, 5 Juni 2020 sekira pukul
16.00 WIB.

“Kita mendapatkan informasi terdapat upaya pengiriman narkotika jenis ganja dari Sumatera dengan menggunakan jasa paket angkutan darat melalui Bus Damri kemudian langsung ditindaklanjuti dengan kegiatan penyelidikan di lapangan,” ungkap Asep, Jumat, 12 Juni 2020.

Asep membeberkan, selang satu hari setelah mendapatkan laporan tepatnya Minggu, 7 Juni 2020 pukul 22.00 WIB, tim berkoordinasi dengan pihak pengelola pool Bus Damri yang berada di Merak.

“Tepatnya pada Senin 8 Juni 2020, pukul 02.30 WIB langsung dilakukan pengecekan ke Bus Damri yang diduga membawa barang tersebut, dan ditemukan paket narkotika jenis ganja sebanyak 15 bungkus dengan berat 15 kilogram,” bebernya.

BACA :  Irwan Suherman, Balon Pertama yang Nyalon Ketua KNPI Pandeglang

Asep menambahkan setelah berhasil menyita barang bukti, tim tersebut langsung melakukan control delivery ke Jakarta tepatnya di Stasiun Kereta Api Gambir. Di Stasiun Gambir BNNK Cilegon berhasil mengamankan tersangka RJ yang akan mengambil paket ganja.

“Setelah tersangka berhasil ditangkap ,kita melakukan pengembangan dan berhasil mengamankan dua orang tersangka yakni RH dan YI,” jelasnya.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya ketiga tersangka dikenakan Pasal114 Ayat (2) JO Pasal 111 ayat (2) JÓ pasal 132 ayat (1) Undang-undang RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler