Jumlah Positif Corona di Pandeglang Jadi 8 Orang; Bandel Pulang ke Labuan Setelah Dinyatakan Reaktif di Tangerang

Date:

FK UPH memberikan pembekalan khusus penanganan pasien virus Corona (Covid-19) kepada relawan medis. (Foto: Dok. FK UPH)

Pandeglang- Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Pandeglang dilaporkan terus mengalami peningkatan. Kali ini, merupakan seorang pria berumur 46 tahun asal Kecamatan Labuan. Ia terkonfirmasi Covid-19 usai melakukan dua kali pemeriksaan swab.

Kepala Puskesmas Labuan, Angga mengatakan, orang tersebut tidak memiliki gejala terpapar Covid-19. Namun dari hasil pemeriksaan swab menunjukan bahwa ia positif Covid-19, sehingga pasien tersebut dikategorikan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dengan ini, angka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pandeglang menjadi 8 orang yang tersebar di enam kecamatan seperti Kecamatan Carita 3 orang, Kaduhejo 1 orang, Majasari 1 Orang Mekarjaya1 orang, Karangtanjung 1 orang dan Kecamatan Labuan 1 orang.

“Sebelumnya orang yang terkonfirmasi Covid-19 itu dari wilayah Tangerang. Orang itu juga sempat dilakukan rapid tes di Tangerang dengan hasil menujukan reaktif. Setelah itu pihak medis menyarankan untuk isolasi mandiri,” kata Angga, Jumat, 12 Juni 2020.

Setelah OTG tersebut mengetahui riwayat pemeriksaan rapid tes reaktif, malah pulang ke Labuan, kemudian Tim Gugus Tugas Pecegahan Covid-19 Pandeglang melakukan pemeriksaan swab kembali hingga keluar hasilnya menujukan positif terpapar Covid-19.

“Setelah swab test hasilnya positif juga. Maka kami menyarankan agar orang yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” ujarnya.

Dia menegaskan, yang terkonfirmasi Covid-19 itu hanya dilakukan isolasi di rumah karena yang bersangkutan statusnya OTG. Maka dari itulah untuk sementara ini diisolasi di rumahnya hingga menunggu hasil keputusan Tim Gugus Tugas Kabupaten Pandeglang.

“Apakah nanti harus diisolasi di Wisma Atlit atau hanya di rumah saja, kami masih menunggu keputusan dari Tim Gugus Tugas Kabupaten,” pungkasnya.

Untuk mencegah penyebaran dan mengetahui sejauhmana OTG itu kontak dengan orang sekitarnya, pihaknya langsung bergerak melakukan tracking dan pemeriksaan rapid serta swab tes.

“Hari ini juga kami melakukan swab tes terhadap tiga anggota keluarganya, dan melakukan rapid tes terhadap warga yang sempat kontak langsung dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Woro-woro! Kuota untuk Uji Lab Produk IKM Gratis di Kota Tangerang Masih Tersedia

Berita Tangerang - Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) di...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...