Connect with us

Berita Terbaru

Kampung Tangguh Nusantara Polda Banten, Strategi Pengamanan Pilkada Serentak yang Digelar di Tengah Pandemi

Published

on

Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol. Ricky Yanuarfi didampingi Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto seusai menggelar apel kesiapsiagaan menjelang new normal dan pengamanan pilkada serentak di Banten yang digelar di tengah pandemi Covid-19. (FOTO: Bid. Humas Polda Banten)

Serang – Empat wilayah di Banten, Yakni Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan, akan menggelar Pilkada serentak Desember 2020.

Tahapan Pilkada yang sempat terhenti karena Pandemi Covid-19 sudah mulai berjalan kembali meski pandemi belum usai.

Digelarnya pilkada di tengah Pandemi Covid-19 pastinya membutuhkan strategi pengamanan yang luar biasa. Bagaimana Polda Banten menghadapi kondisi ini?

Menghadapi kondisi ini, Dirbinmas Polda Banten Kombes Pol. Ricky Yanuarfi didampingi Kapolres Serang Kota AKBP Yunus Hadith Pranoto menggelar apel kesiapsiagaan Bhabinkamtibmas di halaman Polres Serang Kota, Kamis, 18 Juni 2020.

BACA :  Kader Muhaimin Iskandar Berharap Dapat Restu NasDem di Pilkada Pandeglang 2020

Apel kesiapsiagaan Bhabinkamtibmas ini bertujuan untuk mengecek kesiapan personel di lapangan guna menghadapi situasi pencegahan covid-19 dalam tahap new normal serta menjelang Pilkada Serentak tahun 2020 di wilayah hukum Polres Serang Kota.

“Hari ini saya bersama Kapolres Serang Kota melakukan pengecekan kesiapsiagaan kendaraan R2, kelengkapan personel dan pembinaan kemampuan Bhabinkamtibmas dalam rangka harkamtibmas di tengah pandemi Covid-19 dan menjelang Pilkada Serentak Tahun 2020,” kata Ricky di halaman Polres Serang Kota seperti dilansir dalam keterangan tertulis Bidang Humas Polda Banten.

Dalam kesempatan itu, Ricky Yanuarfi memberikan pemahaman kepada para Bhabinkamtibmas terkait program Kapolri yaitu Kampung Tangguh Nusantara (KTN) dalam mencegah penyebaran Covid-19.

BACA :  Pandemik Covid-19; Dua Pekan Pelajar TK, SD dan SMP di Kota Tangerang Belajar di Rumah

“Dan saya juga tadi menjelaskan kepada personel terkait program bapak Kapolri tentang Kampung Tangguh Nusantara, di mana Kampung Tangguh Nusantara tersebut ialah sebuah pilot project kolaboratif dengan stakeholder untuk melakukan aksi nyata di desa atau kelurahan”, ujarnya.

“Dalam hal ini Bhabinkamtibmas lah sebagai ujung tombak untuk mengajak masyarakat menuju KTN, demi memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19”, lanjutnya.

Ricky Yanuarfi berharap dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan personel di lapangan dan mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait program Polri tentang Kampung Tangguh Nusantara.

“Saya berharap dengan melakukan pengecekan kesiapsiagaan Bhabinkamtibmas ini, baik mengecek perlengkapan pribadi maupun kendaraan R2 operasional dapat maksimalkan kemampuan personel dalam bertugas sehari-hari dengan masyarakat. Dan juga mampu memberikan pemahaman dan edukasi terkait Kampung Tangguh Nusantara (KTN) guna meningkatkan kemampuan para Bhabinkamtibmas untuk diimplementasikan di lapangan”, harapnya.

BACA :  Postingan soal Susi Pudjiastuti Bakal Calon Bupati Pandeglang Dipastikan Hoaks, Ini Penjelasan @infopandeglang

Di tempat terpisah, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Edy Sumardi mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendukung program pemerintah tentang penerapan New Normal.

“Menjelang penerapan New Normal ini, mari kita sama-sama ikuti anjuran pemerintah. Selalu ikuti protokol kesehatan di mana pun kita berada”, kata Edy Sumardi.

“Selalu menggunakan masker saat di luar rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer dan terapkan physical distancing yaitu selalu menjaga jarak. Semoga dengan apa yang kita lakukan ini dapat mencegah penyebaran virus Corona ini”, harapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler