Connect with us

Berita Terbaru

Tips Membeli Hewan Kurban di Pasaran Ala Distan Pandeglang: Perhatikan SKKH

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Kepala Bidang Keswan Dinas Peternakam Kabupaten Lebak saat melakukan pemeriksaan hewan kurban. (Dok. BantenHits).

Pandeglang – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pandeglang memastikan akan melakukan monitoring kepada lapak penjual hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah.

Sekertrais Distan Pandeglang, Nasir M Daud meninta, penjual memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) untuk hewan kurban yang akan dijual ketika hari raya Idul Adha.

“Ya hewan kurban harus memiliki SKKH, kalau penjual tidak memiliki itu. Hewan kurbannya tak boleh dijual, karena khawatir membawa penyakit,” kata Nasir, Rabu, 24 Juni 2020.

Nasir mengaku, tak ingin ada hewan kurban yang kurang sehat dijual di Kabupaten Pandeglang. Oleh karenanya pihaknya akan terus melakukan monitoring.

BACA :  Bocah 11 Tahun di Cilegon Hilang Diduga Terseret Arus Banjir

Sementara Kepala UPT Pusat Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pandeglang Ade Setiawan mengatakan, SKKH harus dimiliki oleh penjual hewan kurban. Pihaknya menginginkan, seluruh hewan kurban dilakukan pengecekan kesehatan.

“SKKH ini wajib dan harus dimiliki penjual. Kalau sudah ada SKKH, hewan kurban yang dijual bisa kita lakukan pengecekan kesehatan,” katanya.

Cek kesehatan hewan, kata Ade, untuk memastikan kondisi hewan sehat dan layak untuk dijadikan hewan kurban.

“Pemeriksaan yang biasa dilakukan meliputi syarat kurban, seperti hewan harus sehat, jantan, umur yang cukup dan tidak cacat,” pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler