Connect with us

Berita Utama

Penumpang Pesawat Garuda Positif Covid-19 Lolos Pemeriksaan di Bandara Soetta Tangerang, 90 Orang Dikarantina

Published

on

Pemeriksaan seluruh penumpang pesawat carter Eropa Atlantis Airways. Seluruh penumpang pesawat dari Bogota, Kolombia yang merupakan WNI ABK pada sebuah kapal dievakuasi ke Wisma Atlet karena 12 reaktif Covid-19. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Sorong – Penumpang Garuda yang diketahui positif Covid-19 berinisial WH (20) lolos pemeriksaan di Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Soetta Tangerang.

WH merupakan siswa program afirmasi pendidikan menengah (Adem) asal Kabupaten Sorong Selatan.

Dia diketahui positif Covid-19 saat diperiksa di Bandara Domine Edward Sorong, sesaat setelah Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 682 yang ditumpanginya dari Tangerang tiba, Sabtu, 27 Juni 2020, pukul 06.20 WIT.

Dikutip BantenHits.com dari Kompas.com, Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Edward Osok Sorong dr Farida Tariq mengatakan, penumpang itu diketahui positif Covid-19 saat pemeriksaan dokumen kesehatan.

BACA :  Ingat ! PNS Tangsel Dilarang Terima Parsel Lebaran

Menurutnya, dokumen seluruh penumpang yang mendarat di Bandara Sorong diperiksa petugas kantor kesehatan pelabuhan.

Saat memeriksa dokumen WH, petugas mendapati dokumen yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tertulis positif Covid-19.

“Dari 43 siswa ini kami periksa satu per satu kelengkapan dokumen tersebut, satu di antaranya positif PCR (polymerase chain reaction) virus corona,” kata Farida di Bandara Domine Edward Sorong, Sabtu, 27 Juni 2020.

Setelah mengetahui hal itu, penumpang tersebut langsung dibawa ke ruang isolasi Bandara Domine Edward Sorong.

Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Sorong langsung menghubungi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sorong Selatan untuk menjemput penumpang itu sesuai protokol Covid-19.

BACA :  Pemuda Asal Legok Tangerang Tewas Digulung Ombak saat Berselancar di Pantai Marbella Anyer

Menurut Farida, 43 siswa yang merupakan satu rombongan itu melakukan pemeriksaan PCR di Labkes Jawa Barat pada 21 Juni 2020.

Farida tak tahu penumpang positif Covid-19 itu bisa lolos dari pemeriksaan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang.

Farida menduga hal itu terjadi karena petugas kesehatan di Bandara Soetta terbatas dan kewalahan saat memeriksa dokumen.

Menurutnya, petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta sedang menelusuri kejadian itu.

Akibat hal itu, sebanyak 90 lebih penumpang pesawa Garuda Indonesia dari Jakarta-Sorong diminta melakukan karantina mandiri.

“Dari jumlah penumpang pesawat sebanyak 90 lebih dianjurkan untuk dikarantina mandiri, sementara 43 siswa langsung dilakukan swab di Rumah Sakit Pertamina Sorong,” kata Farida.

BACA :  Pilpres 2014 Jokowi Dikalahkan Prabowo di Banten, PDIP Gunakan Strategi Ini untuk Rebut Kemenangan

Petugas langsung menyemprotkan cairan disinfektan kepada pesawat yang ditumpangi pasien positif Covid-19 itu.

“Kami juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap pesawat sebelum menaikkan penumpang dari Bandara Domine Edward Sorong,” kata Farida.

Belum ada keterangan resmi dari Garuda atau otoritas di Bandara Soetta Tangerang terkait peristiwa ini. BantenHits.com masih mengupayakan konfirmasi. 

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler