Connect with us

Berita Terbaru

Ini yang Terjadi sama 90 Penumpang Garuda Jakarta-Sorong Setelah Siswa Adem Positif Covid-19 Lolos di Bandara Soetta Tangerang

Published

on

FOTO Ilustrasi: Evakuasi 111 WNA Thailand yang terjebak pandemi Covid-19 di Indonesia menggunakan pesawat Thai Lion Air. (Foto: Dok. Lion Air)

Sorong – Seorang siswa program afirmasi pendidikan menengah (Adem) asal Kabupaten Sorong Selatan berinisial WH, diketahui positif Covid-19.

Meski yang bersangkutan telah dinyatakan dalam surat keterangan Positif Covid-19, namun WH bisa lolos pemeriksaan di Bandara Soekarno Hatta atau Bandara Soetta Tangerang.

Dia pun bisa terbang menggunakan pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 682 jurusan Tangerang-Sorong.

Dikutip BantenHits.com dari Kompas.com, WH diketahui positif Covid-19 saat diperiksa di Bandara Domine Edward Sorong, sesaat setelah pesawat yang ditumpanginya dari Tangerang tiba, Sabtu, 27 Juni 2020, pukul 06.20 WIT.

BACA :  Angkot Ngetem, Bundaran Ciceri sampai Lampu Merah Warung Pojok Macet!

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan Bandara Domine Edward Osok Sorong dr Farida Tariq mengatakan, penumpang itu diketahui positif Covid-19 saat pemeriksaan dokumen kesehatan.

Menurutnya, dokumen seluruh penumpang yang mendarat di Bandara Sorong diperiksa petugas kantor kesehatan pelabuhan.

Saat memeriksa dokumen WH, petugas mendapati dokumen yang dikeluarkan Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat tertulis positif Covid-19.

Farida menjelaskan, rombongan itu menjalani tes swab menggunakan metode PCR (polymerase chain reaction) pada 21 Juni 2020.

Farida tak tahu kenapa pasien positif Covid-19 bisa lolos menaiki pesawat. Padahal, setiap calon penumpang diperiksa sesuai prosedur yang berlaku.

Ia menduga ramainya penumpang membuat petugas kesehatan di bandara asal kewalahan memeriksa dokumen persyaratan.

BACA :  Jantanisasi Ikan Masih Pakai Pil KB

Farida mengatakan, terdapat sekitar 90 penumpang dalam penerbangan dari Jakarta menuju Sorong tersebut.

Seluruh penumpang dianjurkan melakukan karantina mandiri selama dua pekan. Sedangkan 43 rombongan yang berada dalam satu rombongan dengan penumpang positif Covid-19 itu akan menjalani tes swab.

“Sementara 43 siswa langsung dilakukan swab di Rumah Sakit Pertamina Sorong,” kata Farida.

Petugas bandara juga telah menyemprotkan cairan disinfektan terhadap pesawat yang ditumpangi pasien positif Covid-19 itu.

“Kami juga telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan terhadap pesawat sebelum menaikkan penumpang dari Bandara Domine Edward Sorong,” kata Farida.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler