Connect with us

Berita Terbaru

Tol Serang-Panimbang Akan Beroperasi 2021, Tapi Baru Seksi 1 Serang-Rangkasbitung yang Siap

Published

on

Peta Jalan Tol Serang-Panimbang.(Istimewa) 

Jakarta – Tol Serang-Panimbang direncanakan beroperasi 2021 mendatang. Namun, hanya seksi 1 Serang-Rangkasbitung yang siap beroperasi.

Tol Serang-Panimbang sendiri dibagi tiga seksi, yakni Seksi I Ruas Serang-Rangkasbitung (26,50 Km), kemudian Seksi II Ruas Rangkasbitung-Cileles (24,17 Km) dan Seksi III Ruas Cileles-Panimbang (33 Km).

Dikutip BantenHits.com dari CNBCIndonesia.com, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, Agung Budi Waskito dalam rapat kerja bersama Komisi VI DPR RI, Rabu, 1 Juli 2020 mengatakan, Tol Serang-Panimbang membentang sepanjang 83 Km.

Dari jumlah itu, Wijaya Karya berinvestasi di 50 Km. Sedangkan 33 Km sisanya merupakan porsi pemerintah yang dibangun melalui dukungan VGF atau viability gap fund.

“Yang VGF ini belum mulai, yang 33 km, yang porsinya PUPR. Sehingga kalau yang tengah kalau kita mulai seksi II yang tengah, sementara seksi III kita belum mulai tidak efektif, sehingga kami akan mulai seksi II kita setelah VGF sudah ditentukan kapan mulainya sehingga akan berbarengan seksi II dan III,” tandasnya.

BACA :  Hari Pertama Kerja, BKD Banten Sebut Kehadiran Pegawai Capai 95 Persen

Mengenai pembebasan lahan, dia mengaku secara umum tak ada kendala lagi. Namun, bukan berarti proses pembebasan lahan telah tuntas.

“Lahan sudah hampir selesai, lahan itu totalnya sudah dari Serang sampai Lebak sudah 90%, tapi tinggal arah Pandeglang itu masih 70%,” urainya.

Pencairan dana talangan selama ini menurutnya juga tak begitu terkendala. Pergantian dari pemerintah juga relatif lancar.

“Lahan tidak masalah. Kami pencairan utang pemerintah juga tinggal Rp 59 miliar, artinya berjalan terus,” katanya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler