Pemkab Serang Bangun Rumah Sakit Kelas D di Tahun 2021; Lokasi di Eks Pasar Kragilan

Date:

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sachiri. (Istimewa)

Serang- Pemerintah Kabupaten Serang berencana akan membangun rumah sakit (RS) kelas D di Eks pasar Kragilan, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang, Tubagus Entus Mahmud Sachiri mengatakan pembangunan RS tahap pertama di eks Pasar Kragilan akan dilakukan di tahun 2021.

“Kalau untuk DED (detail engineering design) sudah dibuat oleh Dinas Perkim,”kata Entus usai menerima kunjungan Camat dan Kepala Desa Kragilan di ruang kerjanya.

Usut punya usut, kedatangan camat dan Kades ke gedung putih tidak lain untuk meminta izin akan memanfaatkan lahan bekas pasar Kragilan tersebut untuk lahan parkir maupun lainya. Namun, Entus menegaskan tidak akan mengizinkan, karena pada tahun 2021 mendatang sudah ada rencana pembangunan Rumah Sakit kelas D.

“Kita sampaikan salah satu alasan memindahkan Pasar Kragilan untuk mengurai kemacetan, kalau di izinkan dikelola pihak desa khawatir mengganggu proses awal pembangunan rumah sakit kelas D,” terangnya.

Lebih jauh Entus menjelaskan alasan pemkab Serang membangun RS kelas D di Kragilan karena wilayah tersebut sudah padat penduduk. Jadi untuk mengantisipasi pelayana kesehatan rawat inap tidak hanya ditampung di RSDP tapi perlu tambahan rumah sakit kelas D. 

“Seyogyanya Pemda itu harus memiliki RS kelas D baik di wilayah Serang Timur, Barat, dan Utara menyesuaikan dengan jumlah pendudukan sebanyak 15, juta jiwa. RS kelas D itu fasilitasnya lebih dari Puskesmas,”jelasnya.

Kepala DPKPTB Kabupaten Serang, Irawan Noor membenarkan jika pad atahun 2021 pembangunan RS kelas D tahap awal dilaksanakn tahun 2021.

“Iya benar, itu menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus),”ujarnya singkat.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...

Selama Libur Lebaran 2024, Petugas Kebersihan di Kota Tangerang Setiap Hari Angkut 1.800 Ton Sampah

Berita Tangerang - Selama libur Lebaran 6-15 April 2024,...