Connect with us

Berita Terbaru

Menjalar ke Pelosok Banten, Apel Siaga “Ganyang PKI” Digelar Ormas Islam di Alun-alun Menes 15 Juli 2020

Published

on

Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Kabupaten Pandeglang akan menggelar apel siaga di Alun-alun Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Rabu, 15 Juli 2020. (Istimewa)

Pandeglang – Apel siaga “Ganyang PKI” secara bergantian disuarakan sejumlah ormas di Provinsi Banten.

Kini, giliran sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam di Kabupaten Pandeglang yang akan menggelar apel siaga di Alun-alun Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang.

Tujuan apel siaga yang diadakan oleh Menes Banten Anti Komunis (Makom) itu untuk menolak Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang diusulkan oleh DPR RI untuk dijadikan Undang-undang.

Panitia Makom, KH. Ali Subromalisi mengaku khawatir, RUU HIP berpotensi kembali membangkitkan Partai Komunis Indonesia (PKI). Oleh karena itu, Rabu, 15 Juli 2020 sejumlah ormas akan menggelar apel siaga.

BACA :  Tahun Ini, 821 KPM di Pandeglang Sudah Terima Bantuan RTLH

“Bicara RUU HIP, bukan hanya satu Ormas Islam yang menolak. Tapi Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah menyatakan menolak,” katanya, Minggu, 12 Juli 2020.

Menurut Ali, alasan aksi penolakan RUU HIP itu digelar pada 15 Juli 2020, lantaran pada tanggal 16 Juli 2020, DPR RI akan membahas kembali, apakah RUU itu dibatalkan atau ditunda.

“Tanggal 15 adalah momen yang pas untuk aksi, ini batas terakhir. Karena tanggal 16 nya, DPR RI akan memutuskan RUU HIP dilanjutkan atau ditolak,” jelasnya.

Ali menjelaskan, alasan memilih Kecamatan Menes sebagai pusat aksi lantaran ingin mengembalikan marawah Menes sebagai pusat pergerakan Islam, pendidikan Islam dan sejarah Islam yang ada di Provinsi Banten.

BACA :  Blusukan ke Kedaleman Cilegon, Rano membatik di Tempat Heldy Agustian

“Kita ingin mengembalikan harkat, martabat, wibawa Menes sebagai pusat pegerakan Islam, pusat Pendidikan Islam dan sejarah Islam di Provinsi Banten, itu yang ingin kami kembalikan,” jelasnya.

“Rencananya aksi tersebut, akan dihadiri ratusan orang,” tutupnya.

Dalam poster aksi yang dikirim ke BantenHits.com panitia apel meminta peserta apel mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah saat melakukan aksi.

Sebelumnya, Forum Lintas Ormas Banten atau (FLOB) kembali menggelar aksi bertajuk Apel Siaga Banten Ganyang Komunis, Ahad Siang, 5 Juli 2020, jam 14.00 WIB di Alun-alun Barat, Kota Serang.

Aksi diikuti ulama, habaib, pimpinan pondok pesantren, pimpinan Ormas/Orpol, pimpinan organisasi kepemudaan, mahasiswa, tokoh masyarakat, pimpinan majelis taklim, jawara dan pendekar, pimpinan paguron, dan seluruh masyarakat Banten.

BACA :  KPU Kota Serang Bagikan APK Tahap Tiga, Calon DPD hanya Dua Orang yang Hadir

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler