Connect with us

Berita Terbaru

81 Guru SMA di Lebak Ikut PIGP; Belajar Tentang Profesionalisme

Published

on

Kepala KCD Dindikbud Banten Wilayah Lebak, A Sirojudin Alfarisy (berdiri) saat memberikan sambutan dalam acara PIGP. (Istimewa)

Lebak- Sedikitnya 81 Guru SMA di Kabupaten Lebak mengikuti Program Induksi Guru Pemula (PIGP) di SMA Negeri 2 Rangkasbitung, Senin, 13 Juli 2020.

Acara yang diselenggarakan Kantor Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (KCD Dikbud) Banten Wilayah Lebak ini bertujuan agar guru pemula beradaptasi dengan iklim kerja atau budaya sekolah dan melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional.

Kepala KCD Dikbud Banten Wilayah Lebak, A Sirojudin Alfarisy mengatakan pelaksanaan PGIP sesuai dengan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor: 27 Tahun 2010 Tentang Program Induksi Bagi Guru Pemula

Mereka akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan seperti orientasi, pelatihan, pengembangan, dan praktik pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran dan konseling bagi guru pemula di  sekolah.

BACA :  Kasasi Ditolak Mahkamah Agung, Pemprov Banten Wajib Serahkan Bukti Pertanggungjawaban BPO Gubernur

“Program induksi dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan fungsional guru bagi guru pemula yang berstatus calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS) mutasi dari jabatan lain.  Bagi guru pemula yang berstatus bukan PNS, PIGP dilaksanakan sebagai salah satu syarat pengangkatan dalam jabatan guru tetap,” kata Sirojudin.

Dengan kegiatan PIGP, Sirojudin berharap para guru pemula yang bertugas di SMA di Lebak bisa lebih profesional. Mereka ikut mendukung peningkatan kualitas generasi muda di daerah. Sehingga para pelajar di daerah mampu bersaing dengan pelajar dari kabupaten kota lain di Indonesia.

“Saya juga meminta kepada para guru senior dan kepala sekolah untuk terus membimbing guru pemula yang bertugas di Lebak. Guru yang berkualitas dan profesional akan menentukan out put pendidikan di Lebak,” jelasnya.

BACA :  Cara MKKS SMA di Lebak Lawan Covid-19; Bagikan APD ke Tenaga Medis sampai Sebar Masker di Wilayah Perbatasan

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler