Connect with us

Berita Terbaru

BST Covid-19 dari Kemensos Bakal Diperpanjang? Begini Kata Dinsos Lebak

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Warga Kota Serang saat mencairkan bansos tunai atau BST untuk warga terdampak Covid-19 dari Kementerian Sosial. (BantenHits.com/Mahyadi)

Lebak- Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) senilai Rp600 ribu setiap bulannya. Juli, 2020 ini bantuan untuk warga terdampak Covid-19 itu telah selesai disalurkan untuk seluruh warga Kabupaten Lebak.

Kekinian, masyarakat dibuat heboh oleh adanya kabar perpanjangan BST yang bersumber dari Kemensos. Kabarnya bantuan tersebut bakal diperpanjang hingga bulan Desember 2020.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lebak, Eka Dharmana Putra mengaku telah mendengar kabar tersebut. Sampai saat ini pemerintah Kabupaten Lebak masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah pusat.

BACA :  Ini Makna Tema HUT TNI ke-70 Menurut Jenderal Gatot Nurmantyo

“Infonya seperti itu tapi saya belum dapat surat resmi dari Kemensos,” kata Kepala Dinsos Lebak, Eka Dharmana Putra, Minggu, 12 Juli 2020.

Namun, meski nantinya diperpanjang, akan terjadi perubahan pada nilai bansos yang semula Rp600 ribu menjadi Rp300 ribu per bulan.

“Iya nilainya turun jadi Rp300 ribu,” ucap Eka.

Eka mengatakan, sejauh ini belum mendapat informasi mengenai apakah akan ada tambahan kuota, baik dari Kemensos maupun provinsi. Sementara untuk bansos yang bersumber dari kabupaten, sejauh ini masih sesuai rencana awal yakni tiga tahap.

“Dischedule sementara 3 tahap, (Diperpanjang atau tidak) itu nanti tergantung kebijakan pimpinan dan ketersediaan anggaran serta perkembangan sikonnya (Situasi dan kondisi),” beber Eka.

BACA :  Penanganan Kekerasan Terhadap Anak Tak Boleh Jalan di Tempat

Untuk diketahui, total keluarga penerima bansos di Lebak sebanyak 194.203 keluarga dengan rincian 132.339 keluarga dari Kemensos, 10.425 dari Pemprov Banten, 32.770 keluarga dari Pemkab Lebak dan 18.669 keluarga ditanggung dari dana desa.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler