Connect with us

BERITA KANDIDAT

Istimewanya Pilkada Tangsel sampai Prabowo Subianto Umumkan Langsung Jagoannya

Published

on

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mengumumkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Tangsel 2020 yang diusung Partai Gerindra, yakni Muhammad – Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. (Tangkap layar YouTube/Kompas TV)

Jakarta – Partai Gerindra resmi mengusung pasangan Muhammad – Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Pilkada Tangsel 2020.

Muhammad saat ini menjabat Sekretaris Daerah Kota Tangsel. Dia diusung PDIP. Sementara Rahayu Saraswati Djojohadikusumo adalah politisi Gerindra.

Yang menarik, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyerahkan langsung SK rekomendasi dukungan untuk Muhammad – Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Bahkan mengumumkan langsung hingga disiarkan sejumlah stasiun televisitelevisi, Senin malam, 20 Juli 2020.

Ini berbeda dengan penyerahan rekomendasi untuk dua kandidat yang diusung Gerindra pada Pilkada Serentak 2020 di Provinsi Banten, yakni di Kabupaten Serang dan Kota Cilegon.

BACA :  Kader Muhaimin Iskandar Berharap Dapat Restu NasDem di Pilkada Pandeglang 2020

Di Pilkada Kabupaten Serang Gerindra mengusung Nasrul Ulum – Eki Baihaki. Sementara di Kota Cilegon Gerindra mengusung pasangan Ratu Ati Marliati – Sokhidin. Penyerahan rekomendasi untuk kedua pasangan ini hanya didelegasikan kepada DPD Gerindra Banten.

Sementara, untuk Pilkada Kabupaten Pandeglang, hingga saat ini partai berlambang kepala burung garuda tersebut belum memutuskan siapa kandidat yang akan diusung.

Birokrat dan Millenial 

Pasangan Muhammad – Rahayu Saraswati Djojohadikusumo menunjukkan SK rekomendasi dukungan dari Partai Gerindra untuk Pilkada Tangsel 2020.(tangkap layar YouTube/ Kompas TV)

Bagi warga Tangerang, terutama di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangsel, nama Muhammad merupakan sosok yang sangat familiar.

Putra asli Ciputat, Kota Tangsel yang merupakan birokrat tulen ini pernah menjabat sejumlah posisi kepala dinas di Kabupaten Tangerang, sebelum akhirnya pindah ke Kota Tangsel saat kota tersebut resmi berdiri.

BACA :  Gubernur Banten Lapor Jokowi Pasca-penerapan PSSB; 40 Persen Warga Kena Dampak Ekonomi, Stok Kebutuhan Pokok di Banten Aman Tiga Bulan

Demikian juga pasangan Muhammad di Pilkada Tangsel ini. Perempuan yang akrab disapa Sara merupakan tokoh millenial yang akrab di layar kaca.

Sara adalah anggota DPR RI periode 2014 – 2019. Sebelum terjun ke dunia politik, dia menggeluti bidang seni peran. Pada Pilpres 2019, wajahnya kerap wara-wiri di layar kaca menjadi juru kampanye Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

PDIP-Gerindra Penuhi Syarat Dukungan

Sebelum Gerindra mengumumkan dukungan, pasangan Muhammad-Sara sudah mendapatkan dukungan dari PDIP. Koalisi PDIP-Gerindra sudah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri di Pilkada Tangsel 2020.

Persyaratan administrasi untuk bisa mengajukan pasangan calon adalah partai atau gabungan partai harus memiliki minimal 20 persen kursi DPRD atau minimal 10 kursi untuk Pilkada Tangsel. Adapun Gerindra dan PDIP sama-sama memiliki 8 kursi di DPRD.

BACA :  Ditanam selama Pandemi Corona, Kebun Ganja Ditemukan di Atap Rumah Warga

Partai lain yang sudah resmi mengumumkan jagoannya di Pilkada Tangerang Selatan adalah Partai Golkar. Partai berlambang pohon beringin itu mengusung Wakil Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dan Pilar Saga Ichsan, anak Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Berbeda dengan partai lain, di Pilkada Tangsel Golkar bisa mengajukan pasangan calon sendiri karena memiliki 10 kursi di DPRD.

Tokoh lain yang berpotensi maju di Pilkada Tangerang Selatan adalah putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Siti Nur Azizah. Namun Azizah baru mendapatkan dukungan dari Partai Demokrat.

Jumlah seluruh kursi di DPRD Tangerang Selatan adalah 50. Golkar memiliki 10 kursi, Partai Gerindra, PDIP, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing memiliki 8 kursi.

Selain itu Partai Demokrat memiliki 5 kursi, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sama-sama memiliki 4 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 2 kursi, dan Partai Hanura 1 kursi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler