Connect with us

Berita Terbaru

Waduh, Ratusan Botol Miras Hasil Sitaan Satpol PP Pandeglang Dibiarkan Menumpuk di Gudang

Published

on

Anggota Satpol PP Pandeglang saat menunjukan miras hasil sitaan yang tersimpan dalam gudang. (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan botol Minuman Keras (Miras) yang disita oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kabupaten Pandeglang selama lima bulan terakhir masih tersimpan di gudang.

Kepala Bidang (Kabid) Ketertiban Umum Satpol-PP Pandeglang, Johanes Waluyo mengatakan, 207 botol miras yang disita Satpol-PP itu hasil oprasi pekat yang digelar pada 23 November 2019 dan 10 Februari 2020.

“Barang bukti mirasnya sekarang semua ada di gudang Satpol-PP sudah diamankan, jadi razia yang dilakukan itu saat 23 November 2019 hasilnya ada 133 botol. Dan pada 10 Februari 2020 itu ada 74 botol. Itu semua masih tersimpan rapih di gudang Satpol-PP,” kata Johanes, Jumat, 24 Juli 2020.

BACA :  ODP Covid-19 Terus Bertambah, Gerindra Lebak Desinfeksi Pemukiman Warga Sajira dan Maja

Johanes mengaku, belum bisa melakukan pemusnahan Miras hasil sitaan itu, dengan alasan jumlah yang didapat masih sedikit. Selain itu, masih banyak tahapan yang meski ditempuh Satpol PP jika ingin memusnahkan Miras tersebut.

“Masih menunggu proses dimusnahkan atau tidak. Menunggu tahapan selanjutnya, kalaupun mau dimusnahkan sekarang jumlanya masih sedikit. Sedangkan untuk proses pemusnahan barang bukti itu harus proses koordniasi dengan Kepolisian dan pengadilan nunggu banyak dulu dan kalau jumlahnya sudah cukup nanti akan dilakukan pemusnahan,” ujarnya.

Ia mengaku, selama masa pandemi Covid-19 Satpol-PP belum pernah menggelar razia Miras. Lantaran masih difokuskan dalam penanganan Covid-19. Akan tetapi, salah satu upaya untuk pencegahan pihaknya tetap menggelar patroli malam yang kerap dilaksanakan pada malam Minggu disekitar alun-alun Kabupaten Pandeglang.

BACA :  Pamer Kemesraan dengan Suami saat Kunjungan Kerja, Bupati Pandeglang Disindir Aktivis soal Serapan Anggaran Rendah

“Selama Covid-19 ini kami belum pernah melakukan razia. Karena, lebih fokus penanggulangan penanganan Covid-19. Karena Satpol PP masuk kedalam Gugus Tugas. Kalau kegaiatan rutin masih tetap dilakukan yang dilaksanakan setiap malam minggu di alun-alun. Memang pada saat itu ada didapati beberapa yang terbukti melakukan minum-minuman keras tapi botolnya sudah kosong,” katanya.

Sementara itu, dari ratusan miras yang saat ini dilakukan penyitaan belum ada tindakan lebih lanjut ke ranah pidana. Ia mengaku hal tersebut terkendala oleh anggaran.

“Kalau untuk pelimpahan ke Kejaksaan ini kan tindakan nya masuk ke tindak pidana ringan, itu ranah nya ada di bidang Penegakan Peraturan Perundangan-undangan (PPUD). Disini saya lebih kepada penertiban,” tandasnya. 

BACA :  Pemkab Pandeglang Diminta Siagakan Pengobatan Gratis Pasca Banjir

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler