Connect with us

Berita Terbaru

Antisipasi Musim Kemarau Dinas Pertanian Kampanyekan GPOT ke Petani di Pandeglang, Apa Itu?

Published

on

Petani di Pandeglang

Ilustrasi: Petani di Pandeglang, khususnya di Kecamatan Panimbang, lebih memilih menanam Semangka ketimbang jagung. (Banten Hits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Pertanian (Distan) Pandeglang mengajak para petani di Pandeglang menggalakkan Gerakan Percepatan Olah Tanah atau GPOT agar musim panen padi tiap tahunnya mencapai tiga kali.

Kepala Distan Pandeglang, Budi Januardi mengatakan, meski saat ini memasuki musim kemarau, namun intensitas tanah masih terlihat basah tak seperti tahun kemarin.

“Dengan metode GPOT ini bisa memanen sebanyak 3 kali. Sekarang kan meskipun kemarau tapi intensitas tanahnya tidak seperti tahun kemarin,” kata Budi, Rabu, 5 Agustus 2020.

Untuk mendukung gerakan percepatan olah tanah tersebut, Distan Pandeglang akan menurunkan beberaap alat mesin pertanian (Alsintan) yang diharapkan bisa membantu para petani melakukan musim tanam yang ke tiga.

BACA :  Menderita 15 Luka Tusukan, Ini Kondisi Kekinian Istri Dosen Desain Grafis yang Semula Kritis

“Dengan melakukan bantuan alat-alat mesin pertanian dari mulai oleh tanah traktor kita turunkan kemudian pompa-pompa air asal di tempat itu ada sumber air,” ujarnya.

Ia menghimbau, para petani yang membutuhkan Alsintan di musim kemarau bisa langsung mengirimkan surat permohonan kepada Distan Pandeglang.

“Petani bisa mengajukan surat pinjaman tetapi untuk GPOT kita sudah menyampaikan usulan untuk tahun sekarang ini ada 3.641 hektar di 9 Kecamatan,” tutupnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler