Connect with us

Berita Terbaru

Duh, Ribuan Perusahaan di Banten Belum Kantongi Izin Operasional dan Mobilisasi Kegiatan Industri

Published

on

Kepala Disperindag Provinsi Banten, Babar Suharsono memastikan kondisi stok pangan di Banten aman sampai Oktober 2020. (BantenHits.com/Mursid)

Serang- Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten mencatat terdapat 5.200 perusahaan di Tanah Jawara yang harus memiliki Izin Operasional dan Mobilisasi Kegiatan Industri (IOMKI).

Hal itu sebagai syarat agar perusahaan bisa beroperasi di tengah Pandemo Covid-19. Terlebih pemerintah Provinsi Banten menetapkan kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSSB).

“Ada 3.200 yang sudah mengantongi izin. Sementara total perusahaan yang ada di Banten sekitar 5.200 perusahaan,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Banten, Babar Suharsono, kepada awak media, Selasa, 4 Agustus 2020. 

“Yang ada pada masa PSBB dia (perusahaan) mengurangi kapasitas setelah PSSB dengan kelonggaran (kita nggak pakai new normal ya). Itu meningkatkan kapasitasnya,”tambahnya. 

BACA :  Pasangan Mesum yang Terjaring Razia di Kota Tangerang KTP/SIM-nya Ditahan

Babar berharap, di masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) sekarang ini bisa menambah peluang baru guna meningkatkan kapasitasnya dalam memenuhi permintaan produksi industrinya. 

“Mudah-mudahan ekonominya ada peluang baru, permintaan produksi industrinya. Makanya dia (perusahaan) meningkatkan kapasitasnya. Tapi itu nggak banyak ya,” ucapnya. 

Sementara, Kabid Industri pada Disperindag Provinsi Banten, Rusdiyansyah Tohib mengaku, IOMKI yang telah diterbitkan Disperindag Banten hingga hari ini sekitar 3.200. Artinya, sebagian perusahaan masih tetap berjalan.

“Jadi yang 5.200 itu berikut perusahaan yang menengah (kecil). Terkadang yang menengah itu tidak butuh IOMKI, jadi dia (perusahaan) tetap berjalan aja. Karena, kan mobilitasnya tidak terlalu memerlukan izin,” terangnya.

Editor: Fariz Abdullah

BACA :  Bukan Kena Virus Corona, Penumpang Batik Air yang Terbang ke Jakarta Ternyata Idap Penyakit Ini



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler