Connect with us

Berita Terbaru

Warga Ramai-ramai Ingin Jadi Orang Tua Asuh Bayi Perempuan di Kebun; Disarankan Datang ke Dinsos Pandeglang

Published

on

Ketua Sakti Peksos Pandeglang, Ahmad Subhan saat melihat kondisi bayi di RSUD Berkah Pandeglang (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang -Bayi perempuan yang di buang di salah satu kebun yang ada di Kampung Walang, Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran, beberapa hari lalu kondisinya sudah mulai membaik usai di rawat di RSUD Berkah Pandeglang.

Kini, banyak warga yang ingin menjadi orang tua asuh bayi berumur 3-4 hari tersebut. Meski demikian, mereka tak bisa langsung membawa bayi itu, lantaran ada beberapa prosedur yang harus di tempuh.

“Sejak awal ditemukan sampai sekarang ada saja yang ingin menjadi orang tua asuh bayi tersebut. Pada prinsipnya, selama Calon Orang Tua Asuh ini memenuhi prosedur ya boleh-boleh saja,” kata Ketua Satuan Bakti Pekerja Sosial (Sakti Peksos) Kabupaten Pandeglang, Ahmad Subhan, Kamis, 6 Agustus 2020.

BACA :  Jelang Ramadan, 1.118 Miras Disita Polsek Pulomerak

Pendiri relawan Pandeglang Care Movement ini menjelaskan, prosedur pengangkatan atau adopsi bayi memang sangat panjang dan harus mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2007 Tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak. Namun hal itu, bisa dikordinasikan dengan Sakti Peksos dan Dinas Sosial Pandeglang.

“Siapapun yang ingin mengadopsi anak tersebut harus datang ke Dinas Sosial Kabupaten, karena di Dinas ini ada tim verifikasi data. Data untuk kelengkapan calon orangtua asuh bahwa ada syarat-syarat tertentu yang harus dilakukan,” jelasnya.

Ia juga berpesan, setelah bayi tersebut mendapat orang tua asuh. Hak-haknya jangan sampai terabaikan.

“Rawatlah seperti anak sendiri jangan sampai diterlantarkan dan tak diberikan hak-haknya,” tutupnya.

BACA :  Golkar Target Dapat Dua Kursi di Tiap Dapil

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler