Connect with us

Berita Terbaru

Petani di Cilograng Was-was; Puluhan Hektare Sawah Blok Cikamunding Terancam Gagal Panen

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Kekeringan melanda 553 hektar sawah di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Lebak- Sejumlah petani di Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak mulai merasa was-was. Pasalnya, puluhan hektare sawah yang berada di Blok Cikamunding terancam gagal panen.

Hal itu terjadi bukan tanpa alasan, sawah mereka saat ini mulai kekurangan pasokan air dari irigasi Cikamunding. Padahal, irigasi tersebut merupakansaluran utama untuk menyuplai air ke areal persawahan warga.

“Tersebar di beberapa blok Desa Cikamunding, sekarang mulai kekurangan air. Kami khawatir gagal panen,”kata Dudu Badrudin (40) petani setempat kepada BantenHits.com, Selasa, 11 Agustus 2020.

Dudu menyebutkan beberapa blok di Desa Cikamunding yang mulai kekurangan pasokan air meliputi Blok sawahdeket, blok kidul dan gununggadung.

BACA :  PMI Banten Fokus pada Program Pencapaian Indikator

“Warna daunnya juga sudah mulai menguning karena kekurangan air,”ucapnya

Hal senada dikatan Saepurohman petani lainnya. Menurutnya, tak sedikit petani yang berharap pemerintah memberikan solusi mengenai persoalan kekeringan ini.

“Sawah-sawah disini kekurangan air, mohon kepada pihak terkait agar memperhatikan nasib para petani,”katanya.

Hingga berita ini publish upaya konfirmasi BantenHits.com terhadap Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Lebak belum juga digubris.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler