Connect with us

Berita Terbaru

Korban Keracunan di Carita Berangsur Membaik, Tersisa Dua Orang dalam Perawatan Medis

Published

on

Ilustrasi Keracunan

ILUSTRASI KERACUNAN (LIPUTAN6.COM)

Pandeglang – Puluhan warga di tiga Desa, yakni Desa Cinoyong, Sukajadi dan Sindanglaut, Kecamatan Carita yang mengalami keracunan berangsur membaik usai mendapat perawatan di Puskesmas Carita.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Pandeglang dr. Ahmad Sulaeman mengatakan, data terakhir warga yang mengalami keracunan mencapai 85 orang. Namun kini ke 85 itu sudah berangsur membaik dan dipulangkan.

“Dari 85 itu, ada dua orang lagi yang masih dirawat di RSUD Berkah Pandeglang,” kata Dr Sulaeman, Rabu, 12 Agustus 2020.

Sulaeman menjelaskan, efek dari keracunan itu tak terlalu parah, hanya memerlukan waktu sekitar 3-4 hari tergantung pada kondisi tubuhnya. Namun, lanjut dia, resiko korban terkena dehidrasi sangat tinggi karena awal munculnya keracunan yakni diare dan muntah.

BACA :  Ditpolairud Polda Banten¬†Bangun Gedung Crisis Center di Jalan Suralaya Cilegon

“Karena kemarin yang muncul diare dan muntah resiko gejala dehidrasinya tinggi. Dua hari tiga hari sih sembuh kalau dehidrasinya enggak terganggu,” jelasnya.

Sementara untuk makanan yang dijadikan sampel, ia belum bisa memastikan apakah itu keracunan dari makanan. Lantaran sampai saat ini, hasil lab belum keluar juga.

“Kalau berdasarkan pengalaman, hasil labnya itu keluar dua minggu. Kita belum bisa memastikan apakah itu keracunan dari makanan atau bukan,” tutupnya.

Sebelumnya puluhan warga di Kecamatan Carita mengalami keracunan usai menyantap makanan di acara khitanan yang terletak di Kampung Cangkara, Desa Sukajadi, Carita.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler