Connect with us

Berita Terbaru

Tiga Narapidana Lapas Klas III Rangkasbitung Dibebaskan Tepat di Hari Kemerdekaan

Published

on

FOTO ILUSTRASI Bebas dari Penjara. (Kompas.com)

Lebak- Sebanyak 95 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Rangkasbitung diusulkan mendapat remisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia. Bahkan, tiga diantaranya akan bebas langsung tepat pada 17 Agustus 2020.

“17 Agustus adalah hari kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tentu berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh negara memberikan pengurangan masa pidana (remisi) kepada narapidana diseluruh tanah air,”kata Kalapas Klas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto dalam siaran pers yang diterima BantenHits.com, Kamis, 13 Agustus 2020.

Budi mengaku tidak sembarangan mengusulkan WBP yang akan mendapat remisi. Pasalnya, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti narapidana berprilaku baik selama 5 bulan hingga menjalani masa tahanan lebih dari 6 bulan.

BACA :  Simpan 2 Bungkus Sabu, Baim Diringkus Polisi

“Jadi dari 232 WBP hanya 95 yang diusulkan. Tiga diantaranya bebas. Sedangkan sisanya belum memenuhi syarat dan ada juga yang masih menjalani proses sidang,”katanya.

Sementara Kasubsi Admisi dan Orientasi, Dede Ukmartalaksana menegaskan bahwa usulan remisi diberlakukan bagi seluruh narapidana yang memenuhi persyaratan sebagaimana telah teregister dalam sistem database Pemasyarakatan (SDP).

“Karena untuk usulan remisi sekarang sudah online, menggunakan aplikasi database, basisnya data SDP, kita verifikasi melalui sistem, sudah online terkoneksi dengan dunia luar, transparan lah kita. Seluruh napi diusulkan kecuali yang belum memenuhi persyaratan,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler