Tiga Narapidana Lapas Klas III Rangkasbitung Dibebaskan Tepat di Hari Kemerdekaan

Date:

FOTO ILUSTRASI Bebas dari Penjara. (Kompas.com)

Lebak- Sebanyak 95 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Rangkasbitung diusulkan mendapat remisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia. Bahkan, tiga diantaranya akan bebas langsung tepat pada 17 Agustus 2020.

“17 Agustus adalah hari kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tentu berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh negara memberikan pengurangan masa pidana (remisi) kepada narapidana diseluruh tanah air,”kata Kalapas Klas III Rangkasbitung, Budi Ruswanto dalam siaran pers yang diterima BantenHits.com, Kamis, 13 Agustus 2020.

Budi mengaku tidak sembarangan mengusulkan WBP yang akan mendapat remisi. Pasalnya, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti narapidana berprilaku baik selama 5 bulan hingga menjalani masa tahanan lebih dari 6 bulan.

“Jadi dari 232 WBP hanya 95 yang diusulkan. Tiga diantaranya bebas. Sedangkan sisanya belum memenuhi syarat dan ada juga yang masih menjalani proses sidang,”katanya.

Sementara Kasubsi Admisi dan Orientasi, Dede Ukmartalaksana menegaskan bahwa usulan remisi diberlakukan bagi seluruh narapidana yang memenuhi persyaratan sebagaimana telah teregister dalam sistem database Pemasyarakatan (SDP).

“Karena untuk usulan remisi sekarang sudah online, menggunakan aplikasi database, basisnya data SDP, kita verifikasi melalui sistem, sudah online terkoneksi dengan dunia luar, transparan lah kita. Seluruh napi diusulkan kecuali yang belum memenuhi persyaratan,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....