Connect with us

Berita Pemda

Bupati Tatu ‘Sawer’ 7,665 Kader Posyandu di Serang Pakai Duit APBD, Anggarannya Rp3,45 Miliar

Published

on

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat foto bersama dengan kader Posyandu usai memberikan reward. (Istimewa)

Serang- Pemerintah Kabupaten Serang memberikan reward untuk 7.665 kader posyandu di Kabupaten Serang, Jumat, 14 Agustus 2020.

Bantuan yang diserahkan langsung Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah ini diperuntukan bagi kader yang bertugas di 1.533 posyandu. Tak tanggung-tanggung anggarannya sebesar Rp3,45 miliar.

Kepala Dinkes Kabupaten Serang Agus Sukmayadi mengatakan, pada APBD Kabupaten Serang saat ini, tersedia anggaran Rp 5,19 miliar yang diperuntukan bagi reward kader posyandu selama 10 bulan. Tahap pertama, diberikan reward untuk 6 bulan sebesar Rp 3,45 miliar (Januari-Juni).

“Diharapkan dengan reward ini, kader lebih update lagi. Lebih semangat lagi mengajak masyarakat, terutama yang punya balita untuk ke posyandu,” kata Agus.

BACA :  Pelanggar Protokol Kesehatan Masih Tinggi, Kapolda Banten Ajak Warga Jauhi Kerumunan

Menurut Agus, tugas kader posyandu cukup penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Terutama mempersiapkan generasi Bangsa yang sehat dan cerdas.

“Tujuan lebih utama lagi, terwujudnya kesehatan masyarakat yang lebih optimal melalui peningkatan pelayanan kesehatan di Posyandu,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menilai, tugas kader saat ini tidak hanya memberikan pelayanan di tingkat posyandu. Namun lebih banyak lagi diminta bantuan oleh masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami akui, reward ini masih kecil, bahkan jauh dari cukup. Dengan keterbatasan anggaran pemda, saya mohon maaf. Saya juga ucapkan terima kasih kepada kader posyandu yang telah membantu pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

BACA :  Pelaku Congkel Mobil di Bank BJB Rangkasbitung Dibekuk Tim Serigala di Jawa Timur; Kabur Pakai Mobil Rental

Menurut Tatu, Pemkab Serang terus fokus dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM). Program dan anggaran lebih banyak untuk pelayanan dasar masyarakat, mulai dari program pendidikan, kesehatan, dan pembangunan infrastruktur.

“Saya yakin, peran kader Posyandu salah satunya berkontribusi pada peningkatan IPM Kabupaten Serang,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler