Connect with us

Berita Terbaru

Atlet BMX Asal Pandeglang Sukses Go Internasional, Raih Juara di Malaysia Hingga Tekuk Atlet Asal Jepang

Published

on

Muhamad Ainu Fazri, Atlet BMX asal Kabupaten Pandeglang yang sukses Go Internasional. (Istimewa)

Pandeglang – Prestasi Muhamad Ainu Fazri atlet BMX asal Kecamatan Banjar patut diapresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang. Pasalnya, pria berumur 26 tahun ini, kerap mengharumkan nama Kota Santri sampai ke tingkat Internasional.

Awal karir Ainu dimulai sejak tahun 2011, ia mengikuti kompetisi International BMX yang diadakan oleh Asosiasi BMX Indonesia (ABI) di Seaworld, Jakarta yang melibatkan 89 peserta dari berbagai negera seperti Jepang dan Malaysia. Disana, Inu -sapaan akrabnya- meraih juara 4 Expert Class Wimcycle.

Disana, setiap tahun Ainu selalu mengikui kompetisi BMX. Pada tahun 2019, Ainu juga kembali mengharumkan nama Pandeglang di kancah Asia, ia masuk 6 besar di X-Game Zone yang digelar di Malaysia. Terakhir, pada tahun ini, ia meraih juara 5 pada kejuaraan virtual BMX Flatland Championship.

BACA :  Hasil Rapid Test Satu Pengguna KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Reaktif Covid-19; Pemudik yang sedang Berbelanja

Kepada Bantenhits, Ainu menceritakan awal kecintaanya terhadap dunia BMX, yang dimulai pada tahun 2010. Pertama ia hanya menggeluti BMX Cross atau balap sepeda. Namun, pada saat itu ia melihat ada yang main BMX Freestyle, sehingga ia merasa tertantang untuk melakukan hal yang sama.

“Pas lihat yang freestyle dari situ saya mulai tertarik, sampe lihat di youtube juga, ahirnya nyoba di freestyle ternyata seru dan menantang juga, yaudah sampe sekarang coba ditekuni,” kata Ainu usai bertemu dengan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban di kantornya, Selasa, 18 Agustus 2020.

Segudang prestasi yang Ainu raih itu, hanya berbekal latihan di tempat yang kurang memadai, seperti di Alun-alun Pandeglang dan skatepark yang dibangun oleh Dispora Pandeglang.

BACA :  Ramai Penutupan Tambang Emas, Gurandil di Lebak Alih Profesi Jadi Penyadap Nira

“Di Pandeglang ada kok menyediakan extreme park, cuma flooringnya sudah pada hancur, ya berterimakasih banget sih buat Pemkab Pandeglang yang sudah menyediakan sarana extreme sport, cuma yang disayangkan kurang berstandar nasional maupun internasional,” ujarnya.

Ainu berharap, Pemkab Pandeglang dapat memberikan pembinaan kepada para atlet BMX yang ada di Kabupaten Pandeglang.

“Saat ini belum ada, tapi mudah-mudahan kedepan ada pembinaan,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban meminta Dispora Pandeglang dan Komite Olahraha Nasional Indonesia (KONI) Pandeglang agar bisa mengakomodir semua atlet berbakat.

“Kami bangga kepada anak muda yang berprestasi, pembinaan akan terus dilakukan namun mamang saat ini belum semua cabang olahraga,” ungkap Tanto.

BACA :  Mayora Group Sebar 9 Ribu Bingkisan untuk Warga Terdampak Covid-19 di Pandeglang dan Serang

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler