Distanbun Lebak Terjunkan Tim Antisipasi Serangan Hama dan Kekeringan Pada Sawah Warga

Date:

Kondisi pesawahan warga yang diserang Hama Wereng. (Istimewa)

Lebak- Para petani di Kabupaten Lebak mulai mengkhawatirkan kondisi pesawahan yang mengalami kekeringan. Bahkan tak sedikit garapan mereka juga diserang oleh hama.

Seperti halnya pesawahan di Kecamatan Malingping. Hama Wereng disebut-sebut telah menyerang dua blok sehingga terancam gagal panen dan menyebabkan petani merugi.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak menyiapkan tim untuk terjun ke lokasi dan mengantisipasi berbagai keluhan para petani.

“Kita sudah terjunkan tim untuk melihat secara langsung kondisi. Kalau yang kekeringan akan kita siapkan pompa dan untuk serangan hama akan kita siapkan juga antisipasinya,”kata Kepala Distanbun Lebak, Rahmat Yuniar saat dihubungi BantenHits, Jumat, 21 Agustus 2020.

Rahmat menegaskan tim yang terdiri dari Pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT), Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dan anggota Kelompok Tani (Poktan) juga telah melakukan gerakan pengendalian terhadap pesawahan warga yang terserang hama.

“Gerakan ini memang hanya untuk menekan meluasnya hama,”tandasnya.

Ia menjelaskan diserangnya pesawahan warga oleh hama lantaran dipicu oleh varietas yang ditanam petani merupakan varietas yang rentan.

“Penggunaan pestisida juga yang tidak direkomendasikan,”jelasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related