Connect with us

Berita Terbaru

Bareng Joe Taslim, Susi Pujiastuti hingga Reza Rahadian, Kades Warungbanten Lebak Jadi Ikon Prestasi Pancasila

Published

on

Kepala Desa (Kades) Warungbanten, Ruhandi dipercaya menjadi salah satu penerima apresiasi 75 ikon prestasi pancasila dari BPIP. (Istimewa)

Lebak- Kabar gembira datang dari wilayah pelosok Kabupaten Lebak, Rabu, 12 Agustus 2020. Bagaimana tidak, seorang kepala desa berhasil menjadi Ikon Prestasi Pancasila yang dirilis Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Adalah Ruhandi, Kepala Desa (Kades) Warungbanten, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pria yang dikenal getol melakukan literasi ini didaulat menjadi ikon prestasi pancasila kategori social entrepreneur.

Diketahui BPIP menunjuk 75 penerima apresiasi Ikon Prestasi Pancasila di tahun 2020 dari lima kategori. Mulai dari Jonathan Christi di kategori olahraga, Joe Taslim dan Reza Rahadian di Katagori Seni Budaya dan Kreatif, Prof Ahmad Nadjib Burhani di kategori Katagori sains dan Inovasi serta Anregueutta KH Muhammad Sanusi Baco di kategori Tokoh dan Komunitas Penggerak Lintas Iman.

BACA :  825 Botol Miras Dimusnahkan Satpol PP Pandeglang saat Milad ke 145

Kepada BantenHits.com, Ruhandi mengaku tak menyangka menjadi salah satu penerima apresiasi ikon Prestasi Pancasila tahun 2020 dari BPIP.

“Saya tidak tahu, tidak mendaftar ataupun mengusulkan. Tiba-tiba ada WhatsApp dari panitia mengkonfirmasi ke saya. Dan tanggal 12 Agustus Surat Keputusan (SK) nya keluar,”kata Ruhandi melalui pesan WhatsAppnya, Minggu, 23 Agustus 2020.

Ruhandi dipercaya sebagai salah satu penerima apresiasi ikon prestasi pancasila karena kegigihannya membangkitkan literasi di Banten.

Bahkan, kades berusia 35 tahun ini berkomitmen membangun desa lewat literasi.

“Bagi saya tidak apa-apa orang-orang tidak merasa ada pembangunan fisik, tapi manusianya berubah. Maka sumber daya manusianya yang disentuh,”tuturnya.

Pencetus Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Kuli Maca ini menilai literasi merupakan syarat utama dalam pengembangan masyarakat secara optimal. Dengan pendidikan, warga juga mampu meningkatkan perekonomian dengan tetap berpegang pada kearifan lokal.

BACA :  Baru Dua Bulan Ngontrak di Kelapa Dua, Jupiter Ditemukan Tewas

Ia meyakini kegiatan literasi tidak sebatas pada membangkitkan minat baca, tapi juga usaha untuk memberdayakan masyarakat.

“Kita harus terus berbuat sesuai kemampuan. Penghargaan hanya sebagai pemantik untuk terus berbuat yang lebih baik,”tandasnya.

Rencananya, 29 Agustus 2020, Ruhandi akan menggelar pertemuan secara virtual dengan Presiden Joko Widodo dan 74 penerima apresiasi ikon prestasi pancasila tahun 2020.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler