Connect with us

Berita Utama

Ruang Ganti dan Tempat Makan di Pabrik Jadi Tempat Penularan, 43 Warga Kabupaten dan Kota Tangerang Dinyatakan Positif Covid-19

Published

on

Pemeriksaan seluruh penumpang pesawat carter Eropa Atlantis Airways. Seluruh penumpang pesawat dari Bogota, Kolombia yang merupakan WNI ABK pada sebuah kapal dievakuasi ke Wisma Atlet karena 12 reaktif Covid-19. (BantenHits.com/ Hendra Wibisana)

Tangerang – Ruang ganti dan tempat makan di sebuah pabrik yang berlokasi di Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang telah menjadi tempat penularan Covid-19.

43 buruh di pabrik ini yang terdiri 26 warga Kabupaten Tangerang dan 17 asal Kota Tangerang dinyatakan positif Covid-19.

Dikutip BantenHits.com dari Kompas.com, Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah menyebut pabrik tersebut jadi klaster baru penularan Covid-19 di Kota Tangerang.

“Satu pabrik awalnya 1 (kasus), jadi 3 (orang), hasil labnya keluar jadi 11 (orang), kemudian jadi 43 (orang),” kata Arief, Senin, 24 Agustus 2020.

BACA :  Demo Kantor Dinas Perikanan Pandeglang, Komando Tuding Ada Pejabat Minta Setoran ke Pengusaha

Arief tak menjelaskan detail pabrik yang dimaksud. Penularan di pabrik bermula ketika satu orang dinyatakan positif Covid-19.

Kemudian pabrik tersebut berinisiatif untuk melakukan rapid test. Setelah itu diketahui ada 60 pekerja pabrik yang dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test.

“Dari 60 itu di-PCR, hasilnya 43 (orang positif Covid-19),” kata dia.

Arief mengatakan Pemerintah Kota Tangerang tidak mengambil langkah menutup pabrik, namun setiap divisi yang anggotanya positif Covid-19 harus bekerja dari rumah untuk sementara waktu.

“Tapi menurut saya ini ketularannya di tempat makan. Karena di dalam ruang produksi yang ber-AC, karena dia pakai APD. Kerjanya pakai APD,” kata dia.

Dia pun meminta kepada pabrik tersebut untuk menata ulang ruang ganti dan tempat makan yang sebelumnya masih belum sesuai protokol kesehatan.

BACA :  Belum Miliki Perda KLA, Pemkab Pandeglang Optimistis Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

Dia mengatakan kejadian yang menyebabkan klaster baru di sebuah pabrik menjadi pelajaran agar pabrik-pabrik di Tangerang bisa serius menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Jangan sampai kejadian ini terulang lagi, cuci tangan yang benar, physical distancing dan gunakan masker,” kata dia.

Kasus Covid-19 di Kota Tangerang saat ini menembus angka 789 kasus positif terkonfirmasi. Dari 789 kasus tersebut, terdapat 44 pasien meninggal dunia, 558 pasien sembuh dan 187 pasien dinyatakan masih dalam perawatan.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler