Pemilihan 266 Kepala Desa di Lebak Diusulkan Digelar Secara e-Voting, Begini Caranya

Date:

Foto Ilustrasi e-Voting. (Ayosemarang.com)

Lebak- Forum Kajian Pedesaan Lebak (FKPL) mengusulkan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 digelar secara e-Voting.

Diketahui, sebanyak 266 desa di 28 kecamatan di Kabupaten Lebak direncanakan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada tahun 2021 mendatang.

“Sistem e-Voting sepertinya layak dipertimbangkan untuk diterapkan dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Lebak,” kata Ketua FKPL Sandi Rustam, Senin, 24 Agustus 2020.

Sandi menerangkan, melalui e-Voting pemilih cukup datang ke TPS dengan membawa formulir undangan kemudian dilakukan verifikasi dengan data. Menurut dia, dengan sistem e-Voting, pelaksanaan Pilkades bakal lebih simpel dan akurat.

“Pemilih tinggal memilih dengan menyentuh calon kepala desa yang tersedia di layar. Prosesnya akan jauh lebih cepat dan sistem e-Boting juga akan lebih akurat, termasuk sisi kerahasiaannya juga dipastikan akan lebih aman,” papar Sandi.

Sandi meyakini, jika ada kemauan dan keseriusan, sistem e-Voting bisa diterapkan pada Pilkades Lebak 2021. Pilkades dengan sistem e-Voting juga dalam rangka mendukung pemanfaatan inovasi dan teknologi.

“Soal kendala akibat kurangnya pemahaman masyarakat, maka harus dilakukan sosialisasi secara terus-menerus. Kuncinya kemauan dan keseriusan leading sektor pada persoalan ini dalam hal ini DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa),” tuturnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...