Tegas! Bupati Iti Akan Riksus ASN Terpapar Covid-19

Date:

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat memberikan arahan kepada masyarakat yang berada di Alun-alun Rangkasbitung agar menggunakan masker. (Istimewa)

Lebak- Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya akan melakukan pemeriksaan khusus (Riksus) terhadap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terpapar Covid-19. Alasannya sebagai bentuk pembelajaran untuk para abdi negara.

Pernyataan orang nomor 1 di Kabupaten Lebak ini muncul setelah terdapat salah satu ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak yang terpapar positif Covid-19.

“Kalau ada kasus positif (ASN) di luar bidang kesehatan akan saya riksus supaya jadi pelajaran. Dia (ASN) kan duta untuk memberikan contoh kepada masyarakat agar mentaati protokol kesehatan,” kata Iti kepada awak media, di Rangkasbitung, Jum’at, 28 Agustus 2020.

Iti menegaskan, sedari awal Pemkab Lebak sudah melarang pegawai untuk bepergian ke luar daerah jika bukan untuk keperluan yang sangat mendesak.

“Dari awal sudah kami larang dan belum dicabut itu, yang tidak urgent untuk ke luar kota dan macam-macam, apalagi orang dinas menularkan ke lainnya kan akan berdampak ke pelayanan,” ucap Iti.

Riksus, sambung Iti, merupakan upaya pencegahan munculnya klaster perkantoran pemerintah memasuki fase adaptasi kebiasaan baru.

“Untuk memberikan efek jera bahwa PNS tidak mentaati yang sudah kami terbitkan. Baik itu perintah bupati dengan Perbup, ASN yang positif di luar tugas dan fungsinya dia sebagai pelayan kesehatan akan saya riksus,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...