Connect with us

Berita Terbaru

Sudah Surati Presiden Jokowi, 967 Hektar Lahan Waduk Karian Lebak Belum Juga Dibayar Pemerintah

Published

on

Rencana Waduk Karian. (FOTO: BBWSC3)

Lebak- Pemerintah Kabupaten Lebak mencatat terdapat 967,56 hektare (Ha) lahan di proyek pembangunan waduk karian belum dibebaskan atau dibayar. Alasannya beberapa faktor, mulai dari bencana banjir bandang sampai Pandemi Covid-19.

Asisten Daerah (Asda) bagian Pemerintahan Setda Lebak, Alkadir menerangkan pembebasan lahan waduk karian baru mencapai 60 persen. Artinya 2.444,27 Ha lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan waduk tersebut baru 1.476,71 Ha yang terbebaskan, sisanya yakni 967,56 Ha masih belum terbayarkan.

“Proses pembebasan lahan waduk karian baru mencapai 60 persen, sisanya masih belum terbebaskan atau dibayarkan,”kata Alkadri kepada awak media, Senin, 31 Agustus 2020.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan ini menungkapkan terdapat beberapa kendala yang menghambat proses pembebasan waduk karian. Diantaranya yakni, adanya bencana banjir bandang yang terjadi pada awal tahun 2020 dan juga adanya perubahan nilai struktural dari lahan tersebut.

BACA :  Ulama Tangerang Hadiri Pembentukan Komite Khittah NU di Jombang

“Jadi adanya peraturan perubahan struktur nilai sehingga harus dilakukannya pengukuran kembali, dan dimasa pandemi Covid-19 ini tim dilapangan mengalami kesulitan untuk terjun ke lapangan karena tidak diperkenankan untuk mengumpulkan massa banyak,”ungkapnya.

Pemkab, menurut Alkadri telah melakukan berbagai upaya untuk melakukan percepatan pembebasan lahan khususnya di daerah yang terdampak bencana pada awal tahun lalu. Ia berharap, pembebasan lahan ini dapat rampung pada tahun 2021 nanti.

“Banyak upaya yang kami upayakan, termasuk menyurati presiden untuk segera melakukan pembebasan lahan khsususnya yang terdampak bencana kemarin. Ya kita harap pembebasan dapat rampung pada tahun 2021 nanti,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler