Euforia Masyarakat Dituding Penyebab Melonjaknya Kasus Covid-19 di Banten

Date:

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti. (BantemHits.com/Mursyid Arifin)

Serang- Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menyebut lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Jawaran akibat ulah euforia masyarakat pasca ditetapkan sebagai daerah zona kuning Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan, sebetulnya penularan kasus Covid-19 di Banten sudah memasuki status zona kuning dari sebelumnya zona merah. Namun, setelah masuk zona kuning euforia masyarakat kembali aktif dan mobilitas penduduk pun mengalami peningkatan.

“Sebetulnya Banten ini sudah zona kuning dari zona merah. Kemudian kembali lagi ke zona kuning. Nah, setelah zona kuning euporia kembali masyarakat. Mungkin juga kelelahan merasa bosan, itu biasa di dalam kehidupan manusia. Ketika itu kembali terjadi kasus itu meningkat,” kata Ati kepada BantenHits.com saat diminta keterangan soal kasus Covid-19, di Gedung Setda Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Rabu malam, 2 September 2020.

Ia menuturkan, peningkatan kasus memang cukup signifikan secara keseluruhan di Provinsi Banten, bukan hanya Tangerang Raya, Kota Cilegon, Serang dan Kabupaten Lebak pun demikiran.

Karenanya, Ati mengajak kepada masyarakat agar terus meningkatkan disiplin kesehatan seusia dengan aturan Pergub Nomor 38 Tahun 2020.

“Memang seluruhnya masyarakat ini harus bisa disiplin. Kuncinya disiplin tentang 3 M tersebut  (Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun). Itu yang terpenting,” ucap Ati.

Ia optimis, ketika seluruh masyarakat bisa bisa menerapkan budaya disiplin kesehatan dan harus membatasi ruang gerak mereka kecuali hal-hal penting. Mengingat saat ini ada lima daerah yang berubah statusnya menjadi zona kuning

“Kita (Banten) ada tiga zona oranye dan lima zona kuning,” pungkas Ati.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Mursyid Arifin

    Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...