Connect with us

Berita Terbaru

Pandeglang Dapat Jatah 15 Kilometer Jalan Usaha Tani; Berharap Tingkatkan Perekonomian

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Petani Kecamatan Pakuhaji yang Lahan Pertaniannya Terancam Punah (Dok.Banten Hits)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang tahun ini mendapat jatah 15 kilometer Jalan Usaha Tani (JUT) yang tersebar di 16 titik yang ada di delapan Kecamatan.

Secara keseluruhan anggaran yang dikucurkan untuk program tersebut dari Kementerian Pertanian (Kementan) sebanyak Rp3 Miliar.

Kabid Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Pandeglang, Uun Junandar mengatakan, saat ini program JUT sudah memasuki tahap pembangunan. Bahkan, sudah ada beberapa lokasi pembangunan JUT sudah selesai dibangun.

“Program JUT di kita itu hanya pengerasan. Ada yang sudah selesai dibangun ada juga yang belum, tapi batas akhirnya bulan November,” kata Uun, Jumat, 4 September 2020.

BACA :  Kota Tangerang Tercepat dalam Penyelenggaraan Informasi Geospasial

Uun mengklaim JUT mampu meningkatkan perekonomian bagi petani di Kabupaten Pandeglang. Lantaran aksesibilitas bagi petani menuju area pesawahan atau kebun menjadi mudah.

“Tujuan JUT itu untuk mempermudah peningkatan ekonomi dan mempermudah petani membawa hasil panen. Karena selama ini suka terkendala jalan,” ujarnya.

Tahun depan lanjut Uun, Dinas Pertanian Pandeglang akan mengusulkan JUT masuk Dana Alokasi Khusus (DAK). Supaya, alokasi anggarannya lebih besar sehingga program JUT bisa secara merata dirasakan oleh para petani di Pandeglang.

“Tahun depan akan kita usulkan di DAK, mudah-mudahan terealisasi. Karena memang masih ada jalan menuju lahan pertanian sulit dijangkau,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler