Connect with us

BERITA KANDIDAT

Aneh! KPU Sebut Calon Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati Positif Covid-19 tapi Dua Rumah Sakit Nyatakan Negatif

Published

on

KPU Cilegon bersama Tim Pemeriksa Kesehatan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon 2020-2025 saat menggelar jumpa pers soal hasil pemeriksaan swab terbadap Ratu Ati Marliati yang dinyatakan positif Covid-19. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Bakal Calon Walikota Cilegon 2020-2025 yang juga Wakil Wali Kota Cilegon, Ratu Ati Marliati dinyatakan terkonfirmasi Covid-19.

Kakak kandung Tb Iman Aryadi tersebut diketahui positif setelah menjalani tes swab di RSUD Kota Cilegon, Senin, 7 September 2020.

Kabar mengejutkan ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cilegon bersama Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cilegon, dr Didiet Pratignyo melakukan jumpa pers, Selasa malam, 9 September 2020.

BACA :  Pengungkapan Laka Maut; Ditlantas Polda Banten Tangkap Sopir Bus Kramat Djati, Sopir Bus ALS Masih Buron

Kepada awak media Ketua KPU Cilegon Irfan Alfi membenarkan jika kandidat yang diusung oleh Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai NasDem, dan Partai PKB itu positif Covid-19.

Menurutnya, Ratu Ati dinyatakan positif Covid-19 usai menjalani test swab sementara yang merupakan salah satu rangkaian dari prosedur tes kesehatan dalam rangka pencalonan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Cilegon.

“Berdasarkan pemeriksaan kesehatan, ada terkonfirmasi (positif) untuk satu Bapaslon, dan sudah kita sampaikan surat untuk melakukan isolasi mandiri sampai batas waktu yang ditetapkan dalam koridor tim pemeriksa kesehatan dalam penanganan kasus pandemi,” ungkapnya.

Irfan mengatakan jika status positif Covid-19 tak berimplikasi kepada pencalonan. Namun isolasi mandiri perlu dilakukan oleh Ati sampai dirinya telah dinyatakan negatif Covid-19 oleh tim medis, sementara itu ia membeberkan kasus positif Covid-19 yang terjadi pada tahapan proses Pilkada tak hanya di Kota Cilegon, namun juga terjadi di daerah lain.

BACA :  Kantor Panwaslu Kota Serang Dijaga Ketat usai Amankan Pelaku Money Politics

“Ini juga tidak berimplikasi secara otomatis untuk membatalkan calon, tapi nanti ada fase dan tahapan untuk beristirahat atau isolasi mandiri sampai dinyatakan negatif, untuk kemudian dilakukan pemeriksa kesehatan ulang,” bebernya.

Sementara terpisah Ketua Tim Pemenangan Pasangan Ati Sokhidin Isro Miraj membantah jika Ati dinyatakan positif Covid-19.

Pasalnya berdasarkan pemeriksaan di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM) dan Rumah Sakit Siloam hasil tes swab untuk Ati negatif.

“Hasil ini kita bawa malam ini juga ke kantor KPU, karena ini membangun opini negatif,” tegas Isro.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler