Connect with us

Berita Terbaru

PSBB Banten Diklaim Bentuk Perlindungan Anak dan Perempuan

Published

on

Kepala DP3AKKB Banten, Sitti Ma’ani Nina mengklaim kasus KDRT mengalami penurunan di tengah Pandemi. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten mengklaim pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Tanah Jawara merupakan salah satu upaya pemerintah untul memberikan perlindunhan terhadap anak dan perempuan.

“Itu perlindungan secara keseluruhan. Jadi ada 5 klaster dan 24 indikator yang berkaitan dengan pemenuhan hak anak,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Kependudukan dan Keluarga Berencana (DP3AKKB) Provinsi Banten, Sitti Ma’ani Nina saat diminta keterangan soal pemenuhan hak anak di tengah pandemi Covid-19, di kantornya, Selasa, 8 September 2020.

BACA :  Unras di PN Tangerang, Keluarga Eno Tuntut Pelaku Dihukum Mati

Ia menyadari, kaitan dengan perlindungan perempuan dan anak menjadi isu penting. Bahkan, terkait adanya anjuran mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan pola 3M. Yakni menggunakan Masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan memakai sabun juga adalah bagian dari pemenuhan hak anak. Tinggal bagaimana pola asuh dan penguatan di internal keluarganya.

“Jadi si anak itu diberikan pemahaman oleh orang tuanya bahwa di rumah itu bukan libur (sekolah) tapi tetap belajar. Bagaimana menjaga di rumah itu suasananya enak, nyaman, dan harmonis,” ujar Nina.

Menurutnya, yang paling dekat itu sekarang adalah keluarga. Dan bagaimana penguatan keluarga itu dilakukan.

Ia menyarankan bisa dengan jejaring sosial, Pemda, atau dinas (Perlindungan Perempuan dan Anak, red) setempat, maupun dengan lembaga swadaya masyarakat yang menjadi pemerhati bagi perempuan dan anak.

BACA :  Tolak Aksi 112, GP Ansor Lebak: Apa Urgensi Gerakan 112 Untuk Umat Islam

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler