Connect with us

Berita Terbaru

Diskusi Bareng Mahasiswa Pasca Sarjana UNPAD Bandung, TBM IKRA Didorong Gerakan Pemuda Produktif

Published

on

TBM IKRA saat foto bersama dengan mahasiswa pasca sarjana. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Lebak – Mahasiswa Pascasarjana Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, Muammar Adi Prasetya mengunjungi Taman Baca Masyarakat Ikatan Remaja Aktif (TBM IKRA) Lebak Pari, Desa Lebak Peundeuy, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Sabtu malam, 12 September 2020.

Dalam kunjungannya, dia memberikan motivasi dan pengetahuan tentang gerakan pemuda produktif yang kolektif pada sektor pertanian, dengan cara memanfaatkan pekarangan di halaman rumah warga.

Menurut Amar, pandemi Covid-19 telah memberikan hikmah bagi masyarakat. Meski Indonesia sebagai negara agraris, namun tidak dapat lepas dari bayang-bayang ancaman krisis pangan. Meski demikian, untuk mensiasati hal tersebut perlu adanya edukasi agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan dengan cara bercocok tanam.

BACA :  Terlibat Kecelakan di Jalan Raya Syekh Nawawi Al Bantani, Pengendara Satria F Tewas di Tempat

Selain itu, upaya mengenalkan pertanian sedini mungkin ke genarasi muda. Dengan melibatkan masyarakat di dalamnya.

“Ketika lahan pekarangan sudah bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, misalnya dengan cara bercocok tanam di halaman rumah juga sudah menjadi bagian untuk mengantisipasi ancaman krisis pangan,” kata Amar sapaan akrabnya di hadapan anggota IKRA Lebak Pari.

Amar menilai, Lebak Pari bisa dikatakan salah satu daerah agrobisnis, karena letak geografisnya berada di pegunungan dan terlihat di sepinggir jalan banyak hamparan sawah dan perkebunan.

“Ini cocok untuk di jadikan lahan pertanian salah satunya tanaman cabai. Mengingat komoditas pangan cabai sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat,” tuturnya.

Ketua IKRA Lebak Pari, Dede Ilyana mengungkapkan, pihaknya sangat menyambut baik gagasan yang diutarakan oleh seorang mahasiswa pertanian Pascasarjana UNPAD itu. Mengingat hal tersebut sejalan dengan program komunitas yang dipimpinnya.

BACA :  Belum Selesaikan SPJ, Ratusan Desa di Lebak Belum Cairkan ADD Tahap Tiga

“Kami dari IKRA sangat merespon baik dan menerima gagasan-gagasannya. Gagasan yang disampaikan Kang Amar (Mahasiswa Pascasarjana UNPAD) sangat sejalan dengan kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler