Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Tangerang Terapkan Jam Malam, Ahmed Zaki Injak Rem Darurat?

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan Pemerintah Kabupaten Tangerang segera membuka kembali kegiatan di masjid dan tempat ibadah lain menjelang new normal seiring akan berakhirnya PSBB, 31 Mei 2020. (FOTO: tangerangkab.go.id)

Tangerang- Pemerintah Kabupaten Tangerang mulai menerapkan pembatasan jam malam pada Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke-11. Kebijakan tersebut berlaku untuk cafe dan restoran.

Mereka diberikan batas waktu untuk beroperasi hanya sampai dengan pukul 20.00 WIB. Hal itu dilakukan lantaran pemerintah khawatir akan munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

Kebijakan ini, tertuang dalam Surat Edaran Bupati Tangerang Nomor 443.2/2791-KSD/2020 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang ditandatangani Bupati Ahmed Zaki Iskandar pada Kamis 17 September 2020. Surat edaran itu, resmi diberlakukan mulai Senin 21 September 2020.

BACA :  Pelayanan Kesehatan di Huntara Minim, Warga Korban Tsunami Selat Sunda Kerap Iuran Bantu Pengobatan

“Sesuai arahan dari Pak Bupati, kondisi sekarang kan makin tinggi angka penyebarannya. Kalau kemaren agak pelonggaran, sekarang mulai diperketat lagi,” kata Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang Hery Heryanto saat berbincang dengan BantenHits.com.

Hery menjelaskan, selain pembatasan untuk operasional cafe dan restoran, dalam surat edaran itu juga disebutkan bahwa tempat keramaian atau fasilitas umum seperti alun-alun hingga pasar malam juga diberlakukan hal serupa.

“Ada arahannya, seperti yang kumpul di fasilitas keramaian itu dibatasi maksimal 5 orang dalam setiap kerumunan. Ini nanti akan kami kontrol dengan ketat,” ujar Hery.

Selain itu, Hery menegaskan akan ada sanksi bagi masyarakat yang tetap membandel dan melanggar edaran tersebut. Semantara, untuk para pengelola tempat seperti cafe, restoran hingga para pedagang pasar malam, diancam harus menutup usahanya jika tidak patuh terhadap edaran ini.

BACA :  Asian Games, Pengamanan Bandara Soetta Ditingkatkan

“Sanksinya humanis, kami tidak mau kondisinya seperti di Jakarta dengan sanksi uang. Itu untuk perorangan, kalau pengelola langsung tutup jika memang sudah diingatkan tapi tetap membandel,” tuturnya.

Diketahui, Pemkab Tangerang kembali memperpanjang PSBB jilid ke-11 hingga satu bulan ke depan. Perpanjangan ini, diberlakukan berdasarkan rapat koordinasi dengan Pemprov Banten beberapa waktu lalu.

Editor: Fariz Abdullah



Rifat Alhamidi memulai karir sebagai jurnalis pada sejumlah media massa di Banten. Di masa kuliahnya, pria kelahiran Pandeglang ini dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Dia memiliki ketertarikan pada dunia sosial dan politik.

Terpopuler