Connect with us

Berita Terbaru

144 Desa di Kabupaten Serang Gelar Pilkades pada 2021, DPMD Optimis Tak Bakal Ada Penundaan

Published

on

144 desa di Kabupaten Serang pada 2021 akan menggelar Pilkades. Foto ilustrasi: Rapat pleno penetapan calon kades Teluk Terate, Kecamatan Kramat Watu, Kabupaten Serang, 2019 lalu.(Dok.BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Serang mencatat, sedikitnya ada 144 desa terdiri dari 29 kecamatan di Kabupaten Serang yang akan menggelar perhelatan politik kepala desa atau Pilkades pada 2021 mendatang.

Kasi Penataan Desa dan Pengembangan Aparatur Desa pada DPMD Kabupaten Serang, A Sudrajat mengatakan, ada 144 desa di Kabupaten Serang yang akan melangsungkan Pilkades pada 2021 mendatang.

Ratusan desa itu terbagi di tiga wilayah hukum di antaranya, Polres Kota Cilegon, Polres Serang dan Polres Serang Kota.

BACA :  Terlibat Tawuran, 30¬†Pelajar SMKN 2 Kota Serang Terancam Dikeluarkan Sekolah

Ia menuturkan, per tanggal 1 Juni 2020 tercacat ada 564,279 jiwa daftar pemilih tetap sementara. Angka tersebut sewaktu-waktu akan berubah. Sebab, tahapan-tahapan pembentukan kepanitiaan tingkat daerah pun baru akan dilaksanakan pada januari mendatang.

“Tahapan pelaksanaannya baru dimulai januari untuk perekrutan kepanitiaan tingkat kabupaten. Sementara akhir masa jabatan kepala desa yang sekarang bulan agustus 2021,” kata Sudrajat kepada BantenHits.com, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, 22 September 2020.

Sudrajat memprediksi daftar pemilih calon kepala desa 2021 akan meningkat sekitar 10 persen. Jika melihat angkatan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kemudian, seandainya ada penurunan pun tidak akan begitu signifikan.

BACA :  Libur Natal dan Tahun Baru di Pandeglang Berlangsung Aman dan Kondusif

“Secara logika saja yang lulusan SMA itu banyak banget. Jadi penambahan akan lebih banyak dari pada pengurangan karena sekarang saja baru tahun 2020 dan 2021 kemungkinan ada penambahan sekitar 10 persen,” terangnya.

Meski sudah ada rencana dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bahwa akan ada penundan gelaran Pilkades 2020. DPMD tetap optimis untuk di Kabupaten Serang tidak bakal ada penundaan. Lantaran pelaksanaan Pilkades sendiri baru akan digelar pada 2021.

“Kalau kita sih masih tetap optimis bisa dilaksnakaan karena pelaksanaan sendiri 2021. Kalau seandainya harus diperpanjang pun kan habisnya bulan agustus 2021,” ungkap Sudrajat.

“Jadi kemungkinan besar sih akan tetap dilaksnakaan cuma nggak tahu juga ke depannya, Wallahu ‘Alam,” kata dia menambahkan.

BACA :  Lima Warga Pandeglang Digrebek saat Asik Main Judi, Polisi Temukan Uang Tunai Rp2 Juta

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler