Connect with us

Berita Utama

Tahun Lalu Juara se-Indonesia, BPS Prediksi Pengangguran di Banten Meningkat

Published

on

BPS Banten saat merilis data pengangguran di Banten untuk semester I (Dok. BantenHits/Tolib)

Serang – Badan Pusat Statistik (BPS) Banten, memprediksi Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Provinsi Banten akan mengalami peningkatan pada semester II atau bulan Agustus 2020.

Kepala Bidang Statistik Sosial BPS Provinsi Banten, Tuty Amalia mengatakan, peningkatan jumlah pengangguran di Banten itu berdasar hasil survei BPS. Namun ia mengaku, belum mengetahui angka pasti jumlah TPT.

“Diprediksi demikian (naik). Belum tau tepatnya di angka berapa. Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) dilaksanakan semesteran, yaitu di bulan Februari dan Agustus, di Bulan November akan rilis angka TPT semester II,” katanya, kepada BantenHits.com, Selasa 22 September 2020.

BACA :  Hati-hati Ajak Anak Main di Kolam Renang! Bocah 7 Tahun di Desa Tangkil Sari Tewas Gara-gara Lakukan Ini

Diketahui, pada semester I atau pada bulan Februari 2020, Banten menduduki peringkat teratas angka penganguran se-Indonesia, yakni di angka 8,01 persen.

Tuty mengaku saat ini pihaknya baru selesai melaksanakan survei angkatan kerja di Banten, sedangkan data tersebut masih dalam tahapan pengolahan di BPS pusat.

Tuty menyebut, peningkatan angka Penganguran itu diakibatkan pandemi virus Corona atau Covid-19 yang semakin masif paparannya.

“Hasil survei angkatan kerja nasional bulan Februari 2020 menghasilkan TPT Banten di angka 8,01 persen. tingkat pengangguran terbuka (Semester II) InsyaAllah November dirilis,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Pernah menjadi tokoh mahasiswa selama kurun perkuliahan 2015-2019, pria asal Banten Selatan ini memutuskan pilihan hidup menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Tolib memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Terpopuler