Connect with us

AGENDA PANWASLU

Orang Dekat Prabowo di Banten Tak Terbukti Lakukan Ujaran Kebencian, Sosok Pelapor Misterius

Published

on

Mantan bupati Serang dua periode yang dikenal orang dekat Prabowo Subianto di Banten, Ahmad Taufik Nuriman alias ATN seusai menjalani pemeriksaan di Bawaslu Kabupaten Serang. (BantenHits.com/ Mursyid Arifin)

Serang – Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu Kabupaten Serang memutuskan, laporan dugaan ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Ahmad Taufik Nuriman alias ATN oleh warga Bojonegara tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilihan umum.

ATN merupakan mantan prajurit Kopassus sekakigus mantan bupati Serang dua periode yang dikenal sebagai orang kepercayaan Prabowo Subianto di Banten.

Keputusan Bawaslu terkait laporan terhadap ATN diterbitkan 19 September 2020 melalui surat bernomor 04/LP/PB/KAB/11.07/ IX/2020 yang ditandatangani Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi.

BACA :  Heboh 'Ganyang PKI' saat Protes RUU HIP, Ternyata PKI dengan Ulama dan Jawara di Banten Pernah Mesra

“Status laporan tidak dapat ditindaklanjuti,” demikian tertera pada surat keputusan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi mengatakan, berdasarkan hasil penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan yang masuk dari hasil kajian pengawasan pemilihan bahwa tidak bisa ditindaklanjuti. Sebab, tidak memenuhi unsur tindak pidana pemilihan.

Sosok Misterius

Asep Rohmatul Fitri, salah seorang warga Kabupaten Serang mengaku heran dengan laporan kasus dugaan ujaran kebencian yang ditutuduhkan kepada ATN yang telah dinyatakan tidak terbukti itu.

Lantaran, surat resmi yang dikeluarkan Bawaslu Kabupaten Serang tertanggal 19 September 2020 itu tak mencantumkan nama pelapornya.

Asep mengatakan, pelaporan kasus dugaan ujaran kebencian yang dituduhkan kepada ATN memang dinyatakan tidak memenuhi unsur dan bukti. Sehingga, Bawaslu Kabupaten Serang tidak melanjutkan kasus pelaporan tersebut.

BACA :  Berpotensi Adanya Kerumunan Massa, Bawaslu Banten Saran Agar Kampanye Bapaslon Digelar Daring

Namun sayangnya, kata dia, Bawaslu tak mencantumkan nama pelapor namun hanya menyebutkan Warga Negara Indonesia (WNI) dalam surat itu.

“Untuk hal alasan hukum apa, pelapor tidak disebut dalam surat Bawaslu (Kabupaten Serang) tersebut, kalau dengan alasan antisipasi keamanan dan perlindungan pelapor apakah ada masalah sejauh ini, kan tidak,” kata Asep dalam keterangan tertulisnya kepada BantenHits.com, Minggu malam, 20 September 2020.

Eki Baehaki (baju putih) didampingi sang ayah Ahmad Taufik Nuriman (pakai peci) saat mengembalikan formulir pendaftaran di Partai Berkarya. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Pembunuhan Karakter

Ia menduga, Bawaslu Kabupaten Serang justru bermain dalam kasus ini untuk menjatuhkan nama baik orang tua Eki Baihaki, yang kini mencalonkan diri sebagai bakal pasangan calon (Bapaslon) Wakil Bupati Serang.

BACA :  BPK Temukan Biaya Perawatan Kendaraan Pejabat Pandeglang yang Janggal, Fortuner Diesel Ganti Busi dan Koil

Asep menegaskan, sebagai warga negara Indonesia juga tentu berhak tahu, apa motivasi dari pelaporan tersebut, apakah mencari keadilan atau hanya untuk caracter assasination (pembunuhan karakter) kepada terlapor.

“Saya sedang mempertimbangkan untuk mengirimkan surat minta data ke Bawaslu Serang, apabila tidak diberikan saya akan tempuh melalui jalur Komisi Informasi (KI),” tegas dia.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi mengungkapkan bahwa dalam surat tersebut status pelapor dikecualikan.

“Iya status pelapornya dikecualikan,” singkat Yadi saat dikonfirmasi wartawan BantenHits.com via WhatsApp.

Seperti diketahui, ATN merupakan ayah Eki Baihaki, bakal calon wakil bupati Serang yang berpasangan dengan Nasrul Ulum pada Pilkada Kabupaten Serang 2020-2025.

Nasrul Ulum-Eki Baihaki yang hanya diusung koalisi Partai Gerindra dan Partai Demokrat, akan berhadapan dengan pasangan petahana Ratu Tatu Chasanah – Pandji Tirtayasa yang diusung koalisi super gemuk.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler