Connect with us

Berita Terbaru

Banten Diprediksi Alami Peningkatan Ekonomi saat Indonesia Dilanda Resesi

Published

on

Kantor BPS Banten (Istimewa)

Serang – Badan Pusat Stastistik (BPS) Banten, memprediksi pertumbuhan ekonomi Banten bakal mengalami peningkatan, meski Indonesia mengalami resesi atau kemerosotan aktivitas dagang dan industri, di tengah pandemi Covid-19.

Kepala BPS Banten, Adhi Wiriana mengaku sudah melakukan survei ekonomi di Tanah Jawara pada bulan Juli, Agustus dan September. Ia meyakini, pada triwulan III perekonomian Banten mulai tumbuh.

“Kemungkinan (Ekonomi) naik dari triwulan II, tetapi besaranya masih dihitung apakah bisa di atas nol,” katanya, kepada BantenHits.com, Jumat 25 September 2020.

Adhi mengaku, saat ini masih melakukan pemantauan pergerakan sektor Industri dan Perdagangan yang cukup besar peranannya terhadap pertumbuhan ekonomi, disamping transportasi dan konstruksi.

BACA :  Hiperindo Tantang Pemerintah Hidupkan Petani Kedelai

“Datanya masih kami tunggu sampai akhri September, yang jelas kondisi ekonomi (Banten) lebih baik dari triwulan II kemarin. Nanti November rilis resminya,” jelasnya.

Meski demikian, jika ada pelemahan ekonomi pada bidang Industri dan Perdagangan akibat dampak Covid-19, Banten juga memiliki potensi resesi.

“Kalau naiknya jadi positif (Tidak Resesi). Tetapi jika tetap negatif (Seperti Triwulan II) bisa dikatakan ada resesi,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Pernah menjadi tokoh mahasiswa selama kurun perkuliahan 2015-2019, pria asal Banten Selatan ini memutuskan pilihan hidup menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Tolib memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Terpopuler