Connect with us

Berita Terbaru

‘Orang Gila’ di Banten Bisa Mencoblos saat Pilkada 2020

Published

on

Ilustrasi : ODGJ di Banten Bisa Memilih Kepala Daerah (Foto. Google)

Serang – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banten, Agus Sutisna menyebut, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) memiliki hak pilih, untuk memilih calon kepala daerah pada Pilkada serentak.

“Ketentuan sama di PKPU 19 tahun 2019, Intinya ODGJ di data, mereka punya hak suara jika bisa menggunakan, kalau kumat kan enggak bisa milih,” katanya kepada BantenHits.com, Kamis 24 September 2020.

Agus mengatakan, tidak ada perlakuan khusus kepada ODGJ saat menggunakan hak suaranya pada Pilkada tahun ini. 

“Datang sendiri aja, dia kan terganggu mungkin saja ada yang di panti asuhan, jika pada tanggal 9 Desember sembuh makan sok aja,” ujarnya.

BACA :  Aliran Dana Rp 10 M dari PT BGD Tak Diterima Utuh oleh PT Gooyang Sam Won

Dirinya juga mengatakan, sekitar 3,2 juta masyarakat yang akan melakukan pemilihan pada Pilkada tahun ini, namun untuk jumlah ‘orang gila’, Agus meminta wartawan menanyakan langsung kepada Kabupaten dan Kota.

“Tanya langsung aja ke Kabupaten/Kota. Provinsi belum sempet rekap, saya harus cek dulu, enggak sebanyak seperti pemilu, ada 3,2 juta lebih kalau yang memilih (Seluruh masyarakat),” tandasnya.

Untuk diketahui Kabupaten dan Kota yang menggelar Pilkada pada 9 Desember 2020 diantaranya, Kabupaten Pandeglang, Serang, Kota Cilegon dan Tangerang Selatan. Adapun jumlah ODGJ atau Disabilitas Mental di Kabupaten Pandeglang ada 267, Serang 322, Kota Cilegon 118 dan Tangerang Selatan 202.

Editor : Engkos Kosasih

BACA :  Pasangan PNS Puskesmas Kolelet Rangkasbitung yang Selingkuh Diperiksa


Pernah menjadi tokoh mahasiswa selama kurun perkuliahan 2015-2019, pria asal Banten Selatan ini memutuskan pilihan hidup menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Tolib memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Terpopuler