Connect with us

Berita Terbaru

Tak Terdaftar, Bawaslu Larang Relawan Paslon di Pilkada Pandeglang Berkampanye

Published

on

Kordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Pandeglang, Karsono saat memberikan keterangan pers (BantenHits.com/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, belum menerima laporan adanya relawan dari masing-masing pasangan calon (Paslon) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Koordinator Divisi Pengawasan Bawaslu Pandeglang, Karsono mengatakan, berdasarkan PKPU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Kampanye, Paslon harus menyerahkan daftar relawan sehari sebelum dimulainya masa kampanye. Atau tanggal 25 September 2020.

“Sampai dengan saat ini kita (Bawaslu-red) belum juga menerima informasi dari KPU terkait dengan laporan relawan yang didaftarkan tembusannya dapat informasi juga tidak ada yang didaftarkan. Jadi kami menganggap sampai saat ini tidak ada relawan,” kata Karsono, Selasa 29 September 2020.

BACA :  Pilwakot Serang, Relawan Minta Yhannu Batal Nyalon

Oleh karena itu, sesuai dengan ketentuan di PKPU, relawan kedua Paslon dilarang untuk menggelar kegiatan kampanye dalam metode apapun. Sementara berdasarkan ketentuan pula, Paslon tidak bisa lagi mendaftarkan relawannya karena sudah melewati batas akhir.

“Relawan bisa melakukan kampanye dengan catatan tercatat secara resmi, satu hari harus di daftarkan sebelum tahapan kampanye sesuai dengan amanat pada PKPU 11 tahun 2020,” jelasnya.

Sedangkan apabila nanti ada relawan yang mengatasnamakan masing-masing Paslon melakukan kampanye, dipastikan hal itu kegiatan ilegal dan dianggap melakukan pelanggaran Pemilu.

“Maka itu masuk dalam pelanggaran tahapan kampanye, dan sanksinya bisa mendapatkan surat teguran atau Paslon itu tidak bisa melakukan kampanye sampai beberapa hari,” pungkasnya.

BACA :  Diterjang Gelombang Tinggi Tiga ABK KM Sidas Hilang di Perairan Binuangeun

Sementara Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Pandeglang, Nunung Nurazizah membenarkan bahwa belum ada satu pun relawan Paslon yang terdaftar.

Namun kata dia, KPU masih membuka ruang pendaftaran bagi relawan dari masing-masing Paslon untuk mendaftarkan relawannya. Hanya saja, regulasi itu masih menunggu aturan dari KPU RI.

“Ya, sejauh ini belum ada. Tapi ditingkatan KPU RI sedang melakukan negosiasi dengan Bawaslu untuk diijinkannya tim Paslon mengajukan relawan maksimal hari kelima pelaksanaan kampanye. Tapi hal ini masih dalam proses di pusat, jadi belum bisa dijadikan sebagai acuan. Kami masih menunggu juknis atau edarannya,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

BACA :  Satu Persatu warga Pandeglang Mulai Terjangkit Covid-19, Pemkab Ingin Bumil dan Lansia Setop Ngantor


Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler