Connect with us

AGENDA PANWASLU

Nasib ASN di Pemkot Cilegon yang Terbukti Ikut Deklarasi Pasangan Iye-Awab Ditentukan KASN

Published

on

ASN di Pemkot Cilegon terbukti melanggar setelah hadir di acara Deklarasi passngan Iye Iman Rohiman-Awab. Foto ilustrasi: Pasangan Iye-Awab (paling kanan) saat mendapatkan rekomendasi dari PAN di Pilkada Cilegon 2020-2025.(Istimewa)

Cilegon – Seorang Aparatur Sipil Negara atau ASN di Pemkot Cilegon terbukti ikut dalam acara deklarasi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Cilegon 2020-2025, Iye Iman Rohiman-Awab, 30 Agustus 2020 lalu.

Setelah bukti dan hasil pemeriksaan terhadap ASN tersebut lengkap, Bawaslu Kota Cilegon telah mengirimkan rekomendasi kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menindaklanjuti temuan itu pada awal September 2020.

Dikutip BantenHits.com dari Detik.com, ASN tersebut bertugas di lingkungan Pemkot Cilegon.

BACA :  Kolom Kosong Menang Telak di TPS 04 Dadap

“Jadi karena itu bentuk dari pelanggaran berdasarkan hukum yang lainnya tentu kita hanya merekomendasi, kami sudah lama merekomendasikan ke KASN,” kata Ketua Bawaslu Kota Cilegon, Siswandi kepada wartawan, Jumat, 2 Oktober 2020.

Menurut Siswandi, ASN tersebut terbukti melakukan pelanggaran setelah Bawaslu Kota Cielgon menindaklanjuti temuan tersebut.

Pelanggaran yang dimaksud Bawaslu adalah pelanggaran keberpihakan kepada salah satu bakal pasangan Pilkada Cilegon. Mengingat ASN diwajibkan untuk menjaga netralitas dalam Pilkada 2020.

“Termasuk kategori pelanggaran, ya keberpihakan ASN,” ujarnya.

Siswandi hingga saat ini memgaku tidak mengetahui sanksi yang diberikan oleh KASN kepada ASN tersebut.

“Dari awal September (direkomendasikan) itu cuma 5 hari doang, yang deklarasi cuma 1 orang. Kita serahkan kepada KASN karena kita hanya merekomendasikan,” tuturnya.

BACA :  Sosialisasi Mekanisme Pemilihan Jadi Perhatian KPU Kota Tangerang

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler