Connect with us

Berita Terbaru

Akses Cikupa-Bitung Lumpuh Total Dipadati Massa Aksi Unjuk Rasa UU Omnibus Law Cipta Kerja

Published

on

Ribuan massa dihadang petugas saat akan bergerak menuju Jakarta untuk aksi unjuk rasa Penolakan UU Omnibus Law di Jakarta. (BantenHits.com/Rifat Alhamidi)

Tangerang- Ribuan buruh dari berbagai aliansi serikat di Banten bergerak menuju Jakarta, Kamis, 8Oktober 2020. Mereka akan bergabung dengan buruh lainnya di Indonesia untuk berunjuk rasa menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja.

Namun, pergerakan massa dari Banten harus terhenti setelah anggota TNI-Polri berjaga ketat di Jalan Raya Serang KM 14, Kabupaten Tangerang. Alhasil, akses jalan Cikupa-Bitung mengalami lumpuh total.

Pantauan Bantenhits.com di lokasi, ribuan buruh yang mulai berdatangan dari arah Cikupa langsung dihadang petugas saat tiba di lokasi sekitar pukul 11.30 WIB. Karena banyaknya jumlah massa aksi, polisi lalu memblokir akses tersebut hingga menuju pintu Tol Bitung, Kabupaten Tangerang.

BACA :  Pelajar Tewas Tawuran, Pemkot Kumpulkan Kepsek

Kapolres Tangerang Kota Kombes Pol. Ade Ary Syam menjelasakan, penyekatan itu dilakukan lantaran pihak aliansi serikat buruh sudah sepakat tidak ikut aksi menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di depan Gedung DPR, Jakarta. 

“Kita kan sudah sepakat dari kemarin supaya tidak ada yang ke Jakarta. Tapi hari ini, mereka coba jalan, ya kita imbau untuk putar balik,” katanya.

Selain melakukan penghadangan, aparat gabungan juga menyiapkan tiga ring penjagaan di lokasi. Setidaknya, mulai pasukan polisi biasa, pasukan anti huru-hara hingga sejumlah mobil baracuda dan water cannon sudah disiagakan di sepanjang jalan Cikupa-Bitung untuk mengantisipasi ribuan buruh tersebut.

Ade pun memastikan, pihaknya terus berkoordinasi dengan sejumlah perwakilan aliansi serikat buruh ini agar mengurungkan niatnya berangkat ke Jakarta. Meski demikian, Ade belum bisa memastikan kapan penyekatan ini akan berakhir.

BACA :  PSBB Tangerang Raya Diperpanjang Sampai 17 Mei 2020, Ditsamapta Polda Banten Perketat Pemeriksaan di Pos Check Point

“Kan mereka sudah sampai sini. Kita komunikasi terus agar mereka di Tangerang saja menyampaikan aspirasinya, jangan ke Jakarta karena lagi zona merah pandem,” ujar Ade.

Hingga berita ini diturunkan, ribuan aliansi serikat buruh masih bertahan di KM 14 Kawasan Bitung, Kabupaten Tangerang. Mereka, masih ngotot ingin menerobos barisan pengamanan polisi untuk bergerak menuju Jakarta.

Editor: Fariz Abdullah



Rifat Alhamidi memulai karir sebagai jurnalis pada sejumlah media massa di Banten. Di masa kuliahnya, pria kelahiran Pandeglang ini dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Dia memiliki ketertarikan pada dunia sosial dan politik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler