Dinkop dan UKM Lebak Was-was Pendataan BPUM Diperpanjang, Kenapa?

Date:

Masyarakat saat mendatangi kantor Dinkop UKM Lebak untuk mengusulkan BPUM. (FOTO Antara)

Lebak- Kementerian Koperasi dan UKM memperpanjang waktu pendataan program bantuan bagi pelaku usaha mikro (BPUM) sebesar Rp2,4 juta. Penerimaan data akan berakhir pada 27 November 2020.

Pada perpanjangan kali ini, Kemenkop dan UKM menargetkan akan mendata sebanyak 2,9 juta pelaku UKM se-Indonesia.

Keputusan perpanjangan pendataan ini ju justru membuat Dinas Koperasi dan UKM Lebak was-was. Bagaimana tidak, mereka khawatir terdapat penyebaran covid-19.

Adanya perpanjangan pendataan ini membuat banyak masyarakat datang langsung untuk menyerahkan berkas sehingga menimbulkan kerumunan.

“Was-was (Penyebaran Covid-19) pasti, tetapi mau bagaimana, tidak mungkin kami bisa melarang masyarakat yang datang langsung ke sini. Kami sudah imbau agar pendataan di kecamatan, tapi kalau mereka tetap datang ke sini kami tidak bisa larang,” kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Lebak, Omas Irawan, kepada awak media, Senin, 12 Oktober 2020.

Menurut Omas, Dinas sudah mengirimkan surat kepada kecamatan dan para pelaku UKM. Dinas hanya menerima usulan yang dikoordinir oleh masing-masing kecamatan yang disampaikan melalui email dalam bentuk softfile.

“Kami akan mengirimkan rekapitulasi data usulan dari masing-masing kecamatan setiap hari setelah kelengkapan persyaratan terpenuhi. Batas akhir penerimaan data usulannya sampai 27 November 2020,” terang Omas.

Tuti, salah seorang warga Kampung Cempa, Kalanganyar, mengaku lebih memilih menyerahkan langsung berkas persyaratan ke kantor Dinas Koperasi dan UKM ketimbang didata di kecamatan.

“Lebih enak sendiri lah, langsung ke dinasnya, walaupun enggak dapat tapi kalau ngurus sendiri puas. Kalau soal Covid yang penting jaga jaga aja, kan oakai masker dan cuci tangan, semoga aja dapat buat nambah modal usaha jualan bubur,” tutur Tuti.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sachrudin Yakin Si Bayi Ajaib Akan Kembali ke Masa Kejayaannya

Berita Tangerang - Kerinduan warga Kota Tangerang kepada Persikota...

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...